Home / Berita Teknologi dan Gadget

PT PJB Muara Karang Bermisi Raih Proper Hijau

Rabu | 20 Mei 2015 | 17:12:05 WIB
PT PJB Muara Karang Bermisi Raih Proper Hijau FOTO | ISTIMEWA

jaknewsonline.com — JAKARTA, PT Pembangkitan Jawa-Bali Unit Muara Karang (PJB Muara Karang) menerima Kunjungan World Bank dan bersama Delegasi pejabat kementerian Lingkungan Hidup Pemerintah India dalam rangka pembelajaran tentang proper. Salah satu kegiatan adalah kunjungan dan diskusi dengan industri dan kegiatan jasa peserta Proper (semua aspek industri seperti perhotelan, pertambangan, manufaktur, energi dan lain-lain.

Pada kesempatan tersebut, Direktur Pengembangan dan Niaga PT Pembangkitan Jawa-Bali (PT PJB), Muljo Adji menyampaikan, pada tahun 2010 PT PJB sempat mendapat proper merah kemudian, sejak sejak tahun 2011 sampai saat ini meraih proper biru. "UP Muara Karang bermisi meraih proper hijau, agar kemudian bisa meraih proper emas. Tantangan saat ini, lahan pembangkit listrik di pulau-pulau dihadapkan pada masalah reklamasi," jelas Muljo Adji di kantor PT PJB Muarakarang, Rabu (20/5) siang.

Lebih lanjut katanya, pada 2012 pihaknya berupaya memenuhi seluruh persyaratan proper hijau ke Kementerian Lingkungan Hidup. "Kami juga telah menyiapkan seluruh SDM untuk memenuhi proper hijau. Sebenarnya butuh triliunan rupiah untuk memenuhi seluruh persyaratan detil proper hijau. Kami ingin meraih ketidakmungkinan ini," ungkap Muljo.

Masih menurutnya, PT PJB juga tidak bekerja sendiri, karena Menteri KLH juga mendorong untuk menjaga lingkungan karena pihak PT PJB tidak dapat bekerja sendiri. "Pilihannya hanya dua, ikuti pembangunan pemerintah atau hanya melihat orang lain lakukan itu. Regulasi pemerintahan disini sangat kaku dan ketat," ujarnya.

Perwakilan pemerintah India melalui Kementerian Lingkungan Hidup, Nilhar Sahoo menyatakan, proper perlu diperhatikan karena sebagai tanggung jawab kepada lingkungan.

"Kami apresiasi upaya untuk terus meningkatkan efisiensi dan meningkatkan emisi. Jika ini terus dijaga, pasti mencapai proper biru dan harus bisa mencapai itu," jelas Nilhar selaku Senior Environmental Engineer, Odhisa Pollution Control Board di Kementerian tersebut.

Sementara dari World Bank USA, Dora Nsuwa Cudjoe, mengapresiasikan sambutan yang ramah dari PT PJB serta diberi kesempatan untuk berkunjung ke Jakarta khususnya Muara Karang dalam kegiatan "World Bank Proper Study Tour in Indonesia". Ia juga menyarankan agar PT PJB konsisten dengan peningkatan-peningkatan yang dilakukan.

"Terlihat dari koleksi data yang ditunjukkan, Saya mencatat PT PJB ada aktivitas CSR, program reforestasi pada Februari 2014 menanam 10.558 pohon di sekitar power plant sesuai dengan jumlah kapasitas terinstal pada saat itu. CSR ini hanya salah satu upaya mengurangi emisi pencemaran udara," ungkap Dora.

Seperti diketahui, dalam pengoperasiannya PLTU Muara Karang telah mendaptkan Penghargaan ISO 1400w, ISO 9001, ISO 18001 dan ISO 50001. (idris)



Penulis:
Editor: Redaksi
  • GMMI Ajak Warga Tolak Politisasi Mesjid, Hoax dan Radikalisme

    GMMI Ajak Warga Tolak Politisasi Mesjid, Hoax dan Radikalisme

    JAKARTA, Masa kampanye Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden serta pemilihan anggota legislatif tahun 2019 ini, rumah ibadah sebagai salah satu tempat yang paling rawan untuk dipolitisasi oleh

    Berita Megapolitan - 16 Januari 2019 | | 07:16:39 WIB
  • Daripada Perang Hoax Di Medsos, Balad Jokowi Bandung Raya Ajak Lakukan Kegiatan Sosial

    Daripada Perang Hoax Di Medsos, Balad Jokowi Bandung Raya Ajak Lakukan Kegiatan Sosial

    BANDUNG - Berdasarkan data yang dihimpun redaksi permintaan darah di kota Bandung masih tinggi, pada tahun 2016 secara total mencapai 143.910 kantung darah dan pada tahun 2017 meningkat menjadi 155.

    Berita Jawa Barat - 13 Januari 2019 | | 13:04:49 WIB
  • Sahabat Bulungan Gelar Deklarasi Dukung Jokowi

    Sahabat Bulungan Gelar Deklarasi Dukung Jokowi

    JAKARTA, Sahabat Bulungan yang terdiri dari Alumni SMA IX ,SMA XI dan SMA 70 Bulungan bersatu membentuk aliansi tim pendukung Jokowi 2 periode adalah wadah untuk menyatukan pergerakan bagi pihak

    Berita Politik - 09 Januari 2019 | | 17:23:31 WIB
  • Gubernur Anies Hadiri Hari Amal Bakti Ke-73 Kemenag 2019

    Gubernur Anies Hadiri Hari Amal Bakti Ke-73 Kemenag 2019

    JAKARTA, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memimpin upacara Hari Amal Bakti Kemenag RI ke 73 di Halaman Kantor Kanwil Kemenag Jakarta Timur, Kamis, (3/12). "Marilah kita panjatkan puji dan

    Berita Megapolitan - 04 Januari 2019 | | 10:07:41 WIB
  • Staf Presiden: Pembangunan Kebun Plasma di Papua Kewajiban Hukum

    Staf Presiden: Pembangunan Kebun Plasma di Papua Kewajiban Hukum

    PAPUA, Staf Kepresidenan Republik Indonesia melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Merauke, Provinsi Papua pada Kamis (13/12) lalu untuk melihat perkembangan industri sawit yang berada di sana. Dari

    Berita Nasional dan Daerah - 21 Desember 2018 | | 10:20:17 WIB