Home / Berita Teknologi dan Gadget

PT PJB Muara Karang Bermisi Raih Proper Hijau

Rabu | 20 Mei 2015 | 17:12:05 WIB
PT PJB Muara Karang Bermisi Raih Proper Hijau FOTO | ISTIMEWA

jaknewsonline.com — JAKARTA, PT Pembangkitan Jawa-Bali Unit Muara Karang (PJB Muara Karang) menerima Kunjungan World Bank dan bersama Delegasi pejabat kementerian Lingkungan Hidup Pemerintah India dalam rangka pembelajaran tentang proper. Salah satu kegiatan adalah kunjungan dan diskusi dengan industri dan kegiatan jasa peserta Proper (semua aspek industri seperti perhotelan, pertambangan, manufaktur, energi dan lain-lain.

Pada kesempatan tersebut, Direktur Pengembangan dan Niaga PT Pembangkitan Jawa-Bali (PT PJB), Muljo Adji menyampaikan, pada tahun 2010 PT PJB sempat mendapat proper merah kemudian, sejak sejak tahun 2011 sampai saat ini meraih proper biru. "UP Muara Karang bermisi meraih proper hijau, agar kemudian bisa meraih proper emas. Tantangan saat ini, lahan pembangkit listrik di pulau-pulau dihadapkan pada masalah reklamasi," jelas Muljo Adji di kantor PT PJB Muarakarang, Rabu (20/5) siang.

Lebih lanjut katanya, pada 2012 pihaknya berupaya memenuhi seluruh persyaratan proper hijau ke Kementerian Lingkungan Hidup. "Kami juga telah menyiapkan seluruh SDM untuk memenuhi proper hijau. Sebenarnya butuh triliunan rupiah untuk memenuhi seluruh persyaratan detil proper hijau. Kami ingin meraih ketidakmungkinan ini," ungkap Muljo.

Masih menurutnya, PT PJB juga tidak bekerja sendiri, karena Menteri KLH juga mendorong untuk menjaga lingkungan karena pihak PT PJB tidak dapat bekerja sendiri. "Pilihannya hanya dua, ikuti pembangunan pemerintah atau hanya melihat orang lain lakukan itu. Regulasi pemerintahan disini sangat kaku dan ketat," ujarnya.

Perwakilan pemerintah India melalui Kementerian Lingkungan Hidup, Nilhar Sahoo menyatakan, proper perlu diperhatikan karena sebagai tanggung jawab kepada lingkungan.

"Kami apresiasi upaya untuk terus meningkatkan efisiensi dan meningkatkan emisi. Jika ini terus dijaga, pasti mencapai proper biru dan harus bisa mencapai itu," jelas Nilhar selaku Senior Environmental Engineer, Odhisa Pollution Control Board di Kementerian tersebut.

Sementara dari World Bank USA, Dora Nsuwa Cudjoe, mengapresiasikan sambutan yang ramah dari PT PJB serta diberi kesempatan untuk berkunjung ke Jakarta khususnya Muara Karang dalam kegiatan "World Bank Proper Study Tour in Indonesia". Ia juga menyarankan agar PT PJB konsisten dengan peningkatan-peningkatan yang dilakukan.

"Terlihat dari koleksi data yang ditunjukkan, Saya mencatat PT PJB ada aktivitas CSR, program reforestasi pada Februari 2014 menanam 10.558 pohon di sekitar power plant sesuai dengan jumlah kapasitas terinstal pada saat itu. CSR ini hanya salah satu upaya mengurangi emisi pencemaran udara," ungkap Dora.

Seperti diketahui, dalam pengoperasiannya PLTU Muara Karang telah mendaptkan Penghargaan ISO 1400w, ISO 9001, ISO 18001 dan ISO 50001. (idris)



Penulis:
Editor: Redaksi
  • Tim 1901 Kota Bandung Deklarasikan Dukung Paslon 01

    Tim 1901 Kota Bandung Deklarasikan Dukung Paslon 01

    BANDUNG - Beberapa pekan ke depan seluruh rakyat Indonesia akan melaksanakan pesta demokrasi, pilpres dan pileg yang akan di selenggarakan pada Rabu (17/4) mendatang yang akan menentukan nasib bangsa

    Berita Jawa Barat - 18 Maret 2019 | | 23:52:08 WIB
  • Besok, FBR Bekasi Deklarasikan Dukungan Paslon Capres-cawapres 01

    Besok, FBR Bekasi Deklarasikan Dukungan Paslon Capres-cawapres 01

    BEKASI, Dukungan terhadap pasangan Capres-Cawapres nomor urut 01 Joko Widodo dan KH Maruf Amin semakin meluas. Kali ini salah satu organisasi keturunan Betawi menyatakan siap memenangkan pasangan

    Berita Jawa Barat - 04 Maret 2019 | | 22:40:49 WIB
  • Prasasti Siap Menangkan Paslon Prabowo - Sandiaga 90% Suara Riil

    Prasasti Siap Menangkan Paslon Prabowo - Sandiaga 90% Suara Riil

    BANDUNG -- DPD Prasasti yang merupakan Satuan Tugas pemenangan Pasangan Calon Prabowo - Sandiaga Uno daerah Jawa Barat menggelar Rapat Koordinasi Daerah (Rakorda) yang bertempat di Haris Hotel and

    Berita Jawa Barat - 03 Maret 2019 | | 19:22:13 WIB
  • Unindra Gelar PKKMB S1 dan S2 Semester Genap TA 2018-2019

    Unindra Gelar PKKMB S1 dan S2 Semester Genap TA 2018-2019

    JAKARTA, Universitas Indraprasta PGRI (Unindra) kembali melaksanakan Program Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB) untuk mahasiswa program Sarjana Strata Satu (S1) dan Strata Dua (S2) di

    Berita Pendidikan - 21 Februari 2019 | | 12:45:21 WIB
  • Yanes Cup II Sukses dan Lancar, Siap dilanjutkan

    Yanes Cup II Sukses dan Lancar, Siap dilanjutkan

    DEPOK, Di penghujung Turnamen Futsal Yanes Cup II yang di gelar selama 2 hari dari 16 -17 Februari 2019 di arena futsal Liverpool, Margonda, Kota Depok, sang sponsor tunggal, Yanes Murib

    Berita Event dan Kesehatan - 21 Februari 2019 | | 12:30:08 WIB