Home / Berita Gaya Hidup dan Produk

Jawab Tantangan VUCA, ESQ Gelar Training Quantum Excellence

Minggu | 18 Juni 2017 | 16:22:38 WIB
Jawab Tantangan VUCA, ESQ Gelar Training Quantum Excellence FOTO | ISTIMEWA

jaknewsonline.com — JAKARTA, Ratusan peserta termasuk peserta dari berbagai negara hadir mengikuti Training ESQ 165 Quantum Excellence yang digelar selama 2 hari dari tanggal 17 Juni dan 18 Juni 2017 di Granada Ballroom Menara 165, Cilandak, Jakarta Selatan.

Founder ESQ, Dr. (HC) Ary Ginanjar Agustian mengatakan, training yang dilaksanakan pada bulan Ramadhan ini, dia menekankan pentingnya mempertahankan diri untuk sanggup untuk menerima perubahan dan sekeras apapun, apalagi di era VUCA seperti sekarang.

"Seperti kita ketahui, belakangan ini masyarakat dihadapkan oleh suatu tantangan besar, yakni era Volatility, Uncertainty, Complexity dan Ambiguity atau yang kita kenal dengan VUCA atau era disruptif", ungkap Ary saat Konferensi Pers disela acara tersebut, Minggu (18/6/17).

Oleh karena itu jelas Ary, untuk dapat bersaing dan bertahan di era VUCA ini, ESG selenggarakan Training Quantum Excellence. Melalui training ISG 165 Quantum excellent pula, ESQ bersama para alumninya yang sudah mencapai 1,6 juta lebih juga membantu pemerintah untuk mewujudkan program Indonesia Sejahtera 2030 dan Indonesia adidaya 2045.

"Sebab, era VUCA menjadi gambaran situasi saat ini yang mempengaruhi dunia politik, bisnis, ekonomi dan sosial Volatility yang berarti dinamika sosial yang berubah dengan sangat cepat. Uncertainty yang berarti tidak adanya kepastian dimana situasi tidak dapat kita tebak, Complexity yang menyebabkan kekacauan yang tersebar luas sehingga berpengaruh pada setiap organisasi. Ambiguity yaitu ambigu dimana banyaknya persepsi yang berbeda dengan keadaan yang ada", terangnya.

Lebih lanjut kata Ary, perubahan lingkungan, perubahan manusia yang datang, perubahan harus belajar dengan cepat, dengan era dimana masa depan tidak dapat diprediksi, dimana pilihan atas berbagai keadaan semakin banyak dan perubahan pola pikir berubah.

"Ketika semua hal cepat berubah dan tidak ada kepastian. Yang harus dipertahankan adalah diri kita untuk memiliki ketahanan mental untuk mampu menghadapi perubahan yang cepat dan hal yang kita tidak inginkan", ujarnya.

Ary memandang ada banyak perubahan di era VUCA dan dibulan Ramadhan ini adalah bulan ketika nilai-nilai kemuliaan itu dimunculkan dan Fitrah kita dilahirkan dengan Tazkiyatun nafz, membersihkan hati dan taqwiyatul naps menguatkan. Yang dibersihkan yaitu keinginan untuk mengikuti hawa nafsu, membuang diri kita dari hal yang menguntungkan diri kita pada duniawi dan dikuatkan yaitu manusia yang memberi dan manusia yang bermanfaat dan mampu menghadapi semua tantangan dan perubahan yang ada.

"Tahun 1994, Bill Gates pernah mengatakan "The world netbanking service but not necessarily bank" hal tersebut kini menjadi kenyataan. Sejak kemunculan finansial teknologi atau fintech, kini dunia tidak lagi memerlukan bank secara fisik karena dunia hanya perlu layanan perbankan, tentu dengan layanan yang lebih cepat biaya lebih murah dan mudah," ucapnya.

Salah seorang Trainer, Bram Wibisono menambahkan, kita lihat sekarang ini, dunia sudah masuk era digital, banyak perubahan dalam segala sisi.

"Lantas bagaimana kita bertahan di dunia era digital seperti sekarang ini? Mau tidak mau kita harus mengikuti dan meng-up date segala bentuk perubahan. Oleh karenanya, ESQ Quantum Excellence ini adalah untuk mencetak orang-orang yang siap menghadapi era digital. Kita lihat dalam perjalanan training kali ini, peserta yang hadir dati berbagai generasi, mulai dari tradisional hingga anak -anak remaja yang merasa penting untum merubah hidup mereka dengan me-reprogram alam bawah sadar kita yang sudah terbentuk dimasa lalu", paparnya.

Sementara, Marketing Communication ESQ Safira Nadia Divina mengungkapkan melalui training ESQ 165 Quantum Excellence membantu peserta training yang ingin meraih kesuksesan di era VUKA.

"Dalam training ESQ 165 Quantum Excellence ini peserta juga akan dimanjakan dengan teknologi audio visual modern yang digunakan untuk membangun jiwa positif hingga dapat melahirkan tindakan positif pula", kata Safira.

Peserta berasal Malaysia yang bernama Halimah mengaku bisa ikut training di tugaskan oleh bosnya.

"Ini sangat bermanfaat saya ikut dan saya akui yang baru pertama kali ikut merasa bisa cepat move on dan mendengar langsung motivasi dati pak Ary dan merasa bikin percaya diri (pede)", ungkapnya yang diamini peserta lain yang berasal dari Singapura, Shalia.



Penulis:
Editor: Redaksi
  • West Senayan, Konsep Apartemen, Mal dan Kios di Ciledug Yang Sudah Progress 26 Persen

    West Senayan, Konsep Apartemen, Mal dan Kios di Ciledug Yang Sudah Progress 26 Persen

    CILEDUG, Keinginan kuat untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dalam sektor tempat tinggal (Apartemen, red) sekaligus pusat perbelanjaan (mal) dan kios membangkitkan semangat Moizland Development yang

    Berita Ekonomi dan Bisnis - 19 April 2018 | | 20:28:23 WIB
  • Kemendes PDTT Optimistis 15.000 Desa Tertinggal Terentaskan

    Kemendes PDTT Optimistis 15.000 Desa Tertinggal Terentaskan

    JAKARTA, Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) optimistis jumlah desa tertinggal di Indonesia akan terentaskan sebanyak 15 ribu desa dari 30 ribu desa

    Berita Nasional dan Daerah - 18 April 2018 | | 12:19:41 WIB
  • Kemendes PDTT Optimistis 15.000 Desa Tertinggal Terentaskan

    Kemendes PDTT Optimistis 15.000 Desa Tertinggal Terentaskan

    JAKARTA, Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) optimistis jumlah desa tertinggal di Indonesia akan terentaskan sebanyak 15 ribu desa dari 30 ribu desa

    Berita Nasional dan Daerah - 18 April 2018 | | 12:17:06 WIB
  • Generasi Milenial Harus Siap Hadapi Perubahan Zaman

    Generasi Milenial Harus Siap Hadapi Perubahan Zaman

    BANDUNG, Perubahan jaman yang bersamaan dengan kemajuan teknologi informasi menjadi hal tidak bisa dielakkan lagi saat ini. Sebagai generasi muda yang ada di jaman sekarang, zaman milenial harus siap

    Berita Jawa Barat - 12 April 2018 | | 13:43:14 WIB
  • Besok, Underpass Mampang-Kuningan Siap Uji Coba

    Besok, Underpass Mampang-Kuningan Siap Uji Coba

    JAKARTA - Besok, Rabu 11 April 2018, Underpass Mampang-Kuningan akan dilakukan uji coba oleh Dinas Bina Marga DKI Jakarta. "Untuk melakukan uji coba underpass Mampang-Kuningan tersebut, kami telah

    Berita Megapolitan - 10 April 2018 | | 23:02:13 WIB