Home / Berita Ekonomi dan Bisnis

Walau Tertunda, Penyelenggara Yakin IIW SC 2017 Akan Banyak Dapat Investor

Senin | 04 September 2017 | 21:20:44 WIB
Walau Tertunda, Penyelenggara Yakin IIW SC 2017 Akan Banyak Dapat Investor FOTO | ISTIMEWA

jaknewsonline.com — JAKARTA, Terkait dengan penundaan penyelenggaraan Indonesia Invesment Week - Singapore Chapter (IIW-SC) 2017 membuat pihak penyelenggara serta eksibitor kecewa dan merasa dirugikan. Sebab, yang seharusnya dijadwalkan tanggal 6 - 8 September 2017 di Marina Bay Sands Singapore ditunda menjadi 4 - 6 Desember 2017.

Ketua Panitia Pelaksana IIW-SC Zaidin Ahmad Zaiti menegaskan, kegiatan ini merupakan rangkaian kegiatan bilateral Indonesia dengan Singapura dalam rangka memperingati 50 tahun kerjasama antara Indonesia-Singapura dan diharapkan dapat menjadi pengembangan bisnis infrastruktur dan industri di Indonesia.

"Penyelenggaraan INDONESIA INVESTMENT WEEK – Singapore Chapter 2017, didukung dan diperkuat merujuk dukungan Komite Ekonomi Dan Industri Nasional, dengan nomor surat : S-98/KETUA-KEIN/09/2016, merujuk dukungan KBRI di Singapura, nomor surat :136/KEPPRI/XII/2016, merujuk dukungan Kementerian Perindustrian RI , nomor surat : 237/M-IND/5/2017, merujuk dukungan Kementerian Koperasi dan UKM ,nomor surat 17/DEP.3/1/2017, merujuk dukungan Kementerian Koordinator Maritim RI, nomor surat : 241/DIV/MARITIM/IV/.2017, merujuk dukungan Kementerian Dalam Negeri RI, nomor surat : 005/1282/SJ dan 510/1588/BANGDA, merujuk dukungan Kementerian Perdagangan RI, nomor surat :17/PEN/SD/01/2017, merujuk dukungan Kementerian Pertanian RI, nomor surat :B-200/HM.150/A/01/2017, serta dukungan asosiasi pelaku usaha terkait dalam rangka menyukseskan dan meningkatkan manfaat penyelenggaraan secara maksimal," jelas Zaidin saat konferensi pers di kantor PT. Pro Fajar Eksibit (Profek) Internasional, Jakarta Selatan, Senin (3/9/17) sore.

Lebih lanjut kata Zaidin, terbenturnya kepentingan agenda penyelenggaran INDONESIA INVESTMENT WEEK - Singapore Chapter 2017 dalam agenda pertemuan strategis Presiden RI bersama para pelaku usaha internasional dimaksud, sangat disayangkan telah disikapi oleh Kepala BKPM RI melalui konferensi pers , 31 Agustus 2017, bersama beberapa media secara tidak berkoordinasi dan sepihak, sehingga menimbulkan berbagai pendapat tentang penyelenggaraan kegiatan IIW SC 2017 dimaksud.

"Kami sangat kecewa, karena dalam pernyataan Kepala BKPM tersebut, juga disampaikan bahwa kegiatan IIW SC 2017 bukan dari kegiatan rangkaian semarak 50 Tahun Indonesia Singapura," ungkapnya.

Masih katanya, semua persiapan sudah hampir rampung, sudah sebanyak 50 eksibitor mengatakan siap dan sudah menyiapkan tiket berangkat ke Singapura, namun pada tangga 31Agustus dapat kabar dari Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM). Jadi kami merasa sangat kecewa dengan pernyataan dari Kepala BKPM.

"Pernyataan dari BKPM ini mengakibatkan para calon eksibitor mengundurkan diri, hal ini mengakibatkan panitia merasa merugi dari material maupun inmaterial. Intinya kami sangat menyayangi keputusan dari BKPM. Padahal dari 50 eksibitor yang akan mengikuti kegiatan pameran Indoneaia Invesment Week, dapat menarik para investor untuk menanamkan modal pada industri di Indonesia. Apalagi, kami sudah menyebar undangan sebanyak 1000 lembar dengan bahasa Inggris yang sudah disebar di Indonesia maupun Singapura," papar Zaidin kepada media.

Namun begitu, seandainya pihak BKPM tidak mendukung, namun pihaknya akan tetap melaksanakan kegiatan tersebut. Perlu diketahui bahwa penyelenggara telah merugi atas kejadian ini.

"Kami sudah melaksanakan kegiatan seperti ini sudah yang ke 12 kali digelar di Indonesia dan untuk luar negeri seperti sekarang di Singapura merupakan kali pertama," ujarnya.

Pada kesempatan tersebut juga Zaidin kembali mengutip pernyataan Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo saat Zaidin bertemu mendagri di Kemendagri beberapa waktu lalu, bahwa Tjahjo Kumolo menghimbau kembali para pemerintah daerah melalui Ketua Organizing Committee untuk mengikuti agenda promosi internasional Indonesia, 13th Indonesia Investment Week - Singapore Chapter 2017 dan Tjahjo menerima usulan penyesuaian pelaksanaan penyelenggaraan 13th IIW- SC 2017 sebagai fasilitas promosi Indonesia yang bisa berkontribusi mengisi hubungan diplomatik Indonesia - Singapura.

(idris)






Penulis:
Editor: Redaksi