Home / Berita Pendidikan

Usia Bertambah, IPK Mahasiswa UP juga Terus Meningkat Tiap Tahunnya

Rabu | 31 Oktober 2018 | 19:48:13 WIB
Usia Bertambah, IPK Mahasiswa UP juga Terus Meningkat Tiap Tahunnya FOTO | ISTIMEWA

jaknewsonline.com — JAKARTA, Menginjak usia ke-52 tahun, Universitas Pancasila (UP) sudah banyak sekali capaian-capaian yang telah diraih UP sampai dengan saat ini. Akreditasi, Jumlah Mahasiswa Aktif, Lulusan, Jumlah Dosen Tetap, Guru Besar, Pengembangan Sarana dan Prasarana, dan lainnya.

'Capaian tersebut tidak terlepas dari prestasi akademik yang terus mengalami peningkatan yang signifikan, dari lulusan tepat waktu, Indeks Prestasi Komulatif Mahasiswa yang terus meningkat tiap tahunnya, Sarana dan Prasarana, Sarana Ibadah, Laboratorium yang terus dikembangkan," jelas Rektor UP Prof. Dr. Wahono Sumaryono, Apt kepada wartawan usai acara tersebut di Auditorium UP, Rabu (31/10).

Lebih lanjut katanya, untuk prestasi non-akademik oleh para mahasiswa yang paling terbaru dari Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Tarung Derajat yang menjadi Juara Umum Tingkat Provinsi DKI Jakarta dengan raihan 5 medali emas, 2 medali perak dan 2 medali perunggu, tidak hanya itu Rektor baru saja melepas keberangkatan tim Paduan Suara UP (PSUP) menuju Prague, Czech Republic untuk mengikuti kejuaraan tingkat International, ini bukan kali pertama PSUP mengikuti kegiatan international, tercatat PSUP telah menjuarai berbagai kejuaraan tingkat international di Thailand, Singapore, Hongkong dan saat ini sudah masuk ditingkat Eropa.

Ditempat yang sama Ketua Pembina Yayasan Pendidikan dan Pembina UP Dr. (HC). Ir. Siswono Yudo Husodo menambahkan, saat ini UP mengelola sebanyak 27 Program Studi dengan jenjang pendidikan Diploma sampai dengan Doktor yang didalamnya berisi 7 Fakultas dan Sekolah Pascasarjana. Prestasi yang telah diraih sampai dengan saat ini yaitu dari sebanyak 27 Program Studi, 13 telah terakreditasi A dan 12 diataranya terakriditasi B dan terus diupayakan untuk direakreditasi.

"Seiring dengan semakin meningkatnya angka lulusan dan berbagai pekembangan lainnya, saat ini UP tercatat berada di peringkat 59 dari 4500 perguruan tinggi baik Negeri maupun Swasta di Indonesia menurut data dari Kementerian Riset dan Teknologi Universitas Pancasil," ungkapnya.

Pada kesempatan berbahagia ini juga, UP berdiri sejak tanggal 28 Oktober 1966 memberikan tanda jasa penghargaan Life Time Achievement Award untuk Prof. Dr. Awaloedin Djamin, MPA. Rektor UP periode 1983-1996 penghargaan ini diberikan atas dedikasi tiada henti untuk dunia pendidikan, selain itu penghargaan juga diberikan kepada pencipta lagu Hymne UP dan para Komposer Hymne UP.

Dan, untuk penghargaan kepada Sivitas Akademika diberikan pula penghargaan untuk masa bakti pegawai dan dosen dari masa bakti 10 tahun, 20 tahun dan 30 tahun. Dalam rangkaian HUT ini pula dilombakan sebanyak 25 lomba baik akademik maupun non-akademik yang melibatkan seluruh elemen sivitas akademika UP.

Selain, Rektor UP Prof. Dr. Wahono Sumaryono, Apt, Ketua Pembina Yayasan Pendidikan dan Pembina UP Dr. (HC). Ir. Siswono Yudo Husodo acara ini juga dihadiri Ketua Pengurus YPPUP Prof. Dr. Edie Toet Hendratno, SH., M. Si., Irjen Pol. Drs. Muktiono, SH., MH. Koordinator Staff Ahli Kapolri, dan Sivitas Akademika UP.

Sebagai informasi, pada 14 November 2018 mendatang UP akan menyelenggarakan Wisuda Semester Genap Tahun Akademik 2017/2018 dengan jumlah lulusan sebanyak 1.700 dari jenjang Diploma sampai dengan Doktor.



Penulis:
Editor: Redaksi
  • GMMI Ajak Warga Tolak Politisasi Mesjid, Hoax dan Radikalisme

    GMMI Ajak Warga Tolak Politisasi Mesjid, Hoax dan Radikalisme

    JAKARTA, Masa kampanye Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden serta pemilihan anggota legislatif tahun 2019 ini, rumah ibadah sebagai salah satu tempat yang paling rawan untuk dipolitisasi oleh

    Berita Megapolitan - 16 Januari 2019 | | 07:16:39 WIB
  • Daripada Perang Hoax Di Medsos, Balad Jokowi Bandung Raya Ajak Lakukan Kegiatan Sosial

    Daripada Perang Hoax Di Medsos, Balad Jokowi Bandung Raya Ajak Lakukan Kegiatan Sosial

    BANDUNG - Berdasarkan data yang dihimpun redaksi permintaan darah di kota Bandung masih tinggi, pada tahun 2016 secara total mencapai 143.910 kantung darah dan pada tahun 2017 meningkat menjadi 155.

    Berita Jawa Barat - 13 Januari 2019 | | 13:04:49 WIB
  • Sahabat Bulungan Gelar Deklarasi Dukung Jokowi

    Sahabat Bulungan Gelar Deklarasi Dukung Jokowi

    JAKARTA, Sahabat Bulungan yang terdiri dari Alumni SMA IX ,SMA XI dan SMA 70 Bulungan bersatu membentuk aliansi tim pendukung Jokowi 2 periode adalah wadah untuk menyatukan pergerakan bagi pihak

    Berita Politik - 09 Januari 2019 | | 17:23:31 WIB
  • Gubernur Anies Hadiri Hari Amal Bakti Ke-73 Kemenag 2019

    Gubernur Anies Hadiri Hari Amal Bakti Ke-73 Kemenag 2019

    JAKARTA, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memimpin upacara Hari Amal Bakti Kemenag RI ke 73 di Halaman Kantor Kanwil Kemenag Jakarta Timur, Kamis, (3/12). "Marilah kita panjatkan puji dan

    Berita Megapolitan - 04 Januari 2019 | | 10:07:41 WIB
  • Staf Presiden: Pembangunan Kebun Plasma di Papua Kewajiban Hukum

    Staf Presiden: Pembangunan Kebun Plasma di Papua Kewajiban Hukum

    PAPUA, Staf Kepresidenan Republik Indonesia melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Merauke, Provinsi Papua pada Kamis (13/12) lalu untuk melihat perkembangan industri sawit yang berada di sana. Dari

    Berita Nasional dan Daerah - 21 Desember 2018 | | 10:20:17 WIB