Home / Berita Pemerintahan

Sejumlah Menteri dan Kepala Daerah Unjuk Prestasi dalam IPS Forum 2018

Senin | 05 November 2018 | 12:35:23 WIB
Sejumlah Menteri dan Kepala Daerah Unjuk Prestasi dalam IPS Forum 2018 FOTO | ISTIMEWA

jaknewsonline.com — JAKARTA – Sejumlah menteri, gubernur, dan kepala daerah akan menjadi pembicara dalam The International Public Service (IPS) Forum 2018. Selain itu, enterpreneur muda pendiri start up di bidang pelayanan publik akan hadir dalam forum bertaraf internasional yang dilaksanakan di Jakarta Convention Center (JCC) Jakarta, pada 7-8 November mendatang.

Para entrepenur muda dimaksud antara lain Adamas Belva Syah Devara, CEO dan Co-Founder Ruang Guru, dan Try Wibowo yang merupakan CEO dan Founder Insan Media. Tak hanya itu, dalam forum berkelas internasional ini juga menampilkan Bertine Kampuis dan Yongmei Zhou, dan Karrie McLaughlin yang merupakan perwakilan dari World Bank akan mengisi Inspiring Talk. Adapun para menteri dan kepala daerah yang akan menjadi pembicara, antara lain Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Yasonna Laoly, Kapolri Jenderal Tito Karnavian, Menteri Desa PDTT Eko Putro Sandjojo, Gubernur Jawa Timur Soekarwo, Ketua ORI Amzurial Rifai dan sejumlah bupati dan walikota.

Pelaksanaan IPS Forum 2018 ini mengambil tema "Expanding and Improving Public Services Delivery Through Collaborative Action". Selain menampilkan berbagai pelayanan publik, kegiatan ini juga diwujudkan dalam bentuk forum diskusi, marketplace inovasi pelayanan publik, dan pameran pelayanan publik.

“Praktik-praktik baik dari pelayanan publik ini kami sebarkan sebagai inspirasi dan agar dapat diimplementasikan di daerah-daerah lain," ujar Deputi Bidang Pelayanan Publik Kementerian PANRB Diah Natalisa saat jumpa pers di kantor Kementerian PANRB, Senin (05/11).

Deputi Pelayanan Publik Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Diah Natalisa mengatakan, delapan pemenang United Nations Public Service Award (UNPSA) 2018 akan turut hadir dalam pameran tersebut. Indonesia melalui inovasi Sistem EDAT untuk pemberantasan malaria milik Pemkab Teluk Bintuni berhasil meraih juara 1 dalam UNPSA 2018. Pemenang lain yang akan tampil antara lain dari Austria, Korea Selatan, Colombia, Spanyol, Kenya, Thailand, dan Swiss. Selain itu akan tampil juga pelayanan publik dari Korea Selatan, Azerbaijan, Jerman, serta negara tetangga di kawasan ASEAN.

Dikatakan pula bahwa salah satu tujuan dari penyelenggaraan IPS Forum 2018 ini adalah untuk memberikan inspirasi, baik untuk Indonesia maupun dunia internasional. Hal ini sejalan dengan program revolusi mental, dimana Kementerian PANRB menjadi koordinator untuk program Gerakan Indonesia Melayani.

Dilaksanakan selama dua hari, IPS Forum menjadi wadah bagi para penyedia dan pengguna pelayanan publik untuk dapat berinteraksi. Sebanyak 35 inovator di bidang pelayanan publik memiliki kesempatan untuk memperkenalkan inovasi miliknya yang telah berjalan kepada para pengunjung maupun inovator lainnya dalam marketplace pelayanan publik.



Penulis:
Editor: Redaksi
  • GMMI Ajak Warga Tolak Politisasi Mesjid, Hoax dan Radikalisme

    GMMI Ajak Warga Tolak Politisasi Mesjid, Hoax dan Radikalisme

    JAKARTA, Masa kampanye Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden serta pemilihan anggota legislatif tahun 2019 ini, rumah ibadah sebagai salah satu tempat yang paling rawan untuk dipolitisasi oleh

    Berita Megapolitan - 16 Januari 2019 | | 07:16:39 WIB
  • Daripada Perang Hoax Di Medsos, Balad Jokowi Bandung Raya Ajak Lakukan Kegiatan Sosial

    Daripada Perang Hoax Di Medsos, Balad Jokowi Bandung Raya Ajak Lakukan Kegiatan Sosial

    BANDUNG - Berdasarkan data yang dihimpun redaksi permintaan darah di kota Bandung masih tinggi, pada tahun 2016 secara total mencapai 143.910 kantung darah dan pada tahun 2017 meningkat menjadi 155.

    Berita Jawa Barat - 13 Januari 2019 | | 13:04:49 WIB
  • Sahabat Bulungan Gelar Deklarasi Dukung Jokowi

    Sahabat Bulungan Gelar Deklarasi Dukung Jokowi

    JAKARTA, Sahabat Bulungan yang terdiri dari Alumni SMA IX ,SMA XI dan SMA 70 Bulungan bersatu membentuk aliansi tim pendukung Jokowi 2 periode adalah wadah untuk menyatukan pergerakan bagi pihak

    Berita Politik - 09 Januari 2019 | | 17:23:31 WIB
  • Gubernur Anies Hadiri Hari Amal Bakti Ke-73 Kemenag 2019

    Gubernur Anies Hadiri Hari Amal Bakti Ke-73 Kemenag 2019

    JAKARTA, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memimpin upacara Hari Amal Bakti Kemenag RI ke 73 di Halaman Kantor Kanwil Kemenag Jakarta Timur, Kamis, (3/12). "Marilah kita panjatkan puji dan

    Berita Megapolitan - 04 Januari 2019 | | 10:07:41 WIB
  • Staf Presiden: Pembangunan Kebun Plasma di Papua Kewajiban Hukum

    Staf Presiden: Pembangunan Kebun Plasma di Papua Kewajiban Hukum

    PAPUA, Staf Kepresidenan Republik Indonesia melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Merauke, Provinsi Papua pada Kamis (13/12) lalu untuk melihat perkembangan industri sawit yang berada di sana. Dari

    Berita Nasional dan Daerah - 21 Desember 2018 | | 10:20:17 WIB