Home / Berita Pendidikan

Kurikulum Pendidikan Robotik Untuk Hadapi Industri 4.0, Harus Cepat di Realisasikan

Kamis | 15 November 2018 | 16:38:15 WIB
Kurikulum Pendidikan Robotik Untuk Hadapi Industri 4.0, Harus Cepat di Realisasikan FOTO | ISTIMEWA

jaknewsonline.com — JAKARTA, Menindaklanjuti MoU kerja sama Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan dengan Yayasan Pendidikan Robotik Indonesia (YPRI) dalam rangka memberikan edukasi robotik bagi pelajar baru - baru ini. Pemerintah DKI Jakarta yang dalam hal ini Dinas Pendidikan bersama YPRI gelar Talkshow dengan mengangkat tema "STEM dalam menyiapkan generasi emas Indonesia menghadapi revolusi industri 4.0” pada Kamis, (15/11) di Gedung Diknas DKI Jak jalan Budi Utomo, Jakarta Pusat.

Pendiri Yayasan Pendidikan Robot Indonesia, Jully Tjindrawan mengatakan, pelajaran Robotik yang akan masuk kurikulum dan pada waktu Anies Baswedan menjadi menteri hal ini sudah di mediasi dan mudah-mudahan setelah Anies menjadi gubernur DKI Jakarta hal ini akan direalisasikan.

"Saya berharap acara yang diikuti oleh hampir 500 orang Kepala Sekolah SD di DKI Jakarta dapat membuat kegiatan berkelanjutan yang diawali kegiatan Sosialisasi Program Ekskul ke sekolah dalam menyambut mata pelajaran Robotik dari tingkat pendidikan usia dini," ucapnya.

Dan yang tidak kalah penting, pendidikan teknologi robotik terangkum di dalam mata pelajaran inti seperti yang terdapat dalam tema talkshow tersebut.

"Kita menyadari keberadaan perkembangan ilmu dan teknologi sangatlah penting bagi generasi penerus bangsa," ungkapnya.

Jully berharap, dari realisasi kerjasama MoU antara Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dan Yayasan Pendidikan Robotik Indonesia yang bersinergi adalah untuk mendukung kegiatan edukasi teknologi robotik agar generasi penerus bangsa Indonesia dapat terus berkarya dan berperan dalam pembaharuan dan perkembangan Bangsa dan Negara Indonesia dan Provinsi DKI Jakarta sebagai pioner dalam kegiatan edukasi teknologi robotik untuk dapat dijadikan contoh oleh provinsi lainnya.

Acara yang di buka oleh MC Derry Drajat yang juga aktor tersebut menjadi hangat karena Derry membawakan dengan penuh semangat dengan di padu dengan sang moderator, Prof. Dr.Ir. Asep Saefuddin , M.Sc yang juga Rektor Universitas Al Azhar Indonesia.

Sementara, para narasumbernya berasal dari kalangan yang masing-masing mempunyai kompetensi di bidangnya, yang antara lain, Dr. Awaluddin Tjalla selaku Kapuskurbuk, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI, Indra Charismiadji (Pemerhati dan Praktisi Pendidikan Abad 21), DR. Hasan Hambali MM (Pencipta Software pertama dalam Bahasa Indonesia), James Gwee T.H (Indonesia’s Favorite Trainer & Seminar Speaker, Ketua Asosiasi Pengusaha TIK Nasional (Aptiknas) Ir Soegiharto Santoso. (red)



Penulis:
Editor: Redaksi