Home / Berita Teknologi dan Gadget

Indonesia Harus Punya Sekolah Robotic Untuk Hadapi Era Industri 4.0

Sabtu | 15 Desember 2018 | 18:57:24 WIB
Indonesia Harus Punya Sekolah Robotic Untuk Hadapi Era Industri 4.0 FOTO | ISTIMEWA

jaknewsonline.com — JAKARTA, Memasuk era industri digital atau industri 4.0, pemerintah Indonesia harus siap menghadapi semua itu. Oleh karena itu, pemerintah melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) akan berencana membuka sekolah robot untuk mendukung hal tersebut.

"Kita sudah masuk industri 4.0. Kekurangan kita talenta, jadi kita harus mendidik. Kominfo siapkan digital talent, tapi di level teknisi, bukan enginering, artinya keterampilan. Inilah yang kita lakukan di tahun 2019," Menkominfo Rudiantara, Sabtu (15/12).

Lebih lanjut kata Rudiantara, tahun ini pihaknya ada project (beasiswa: Digital Talent Scholarship) 1000 sudah keterima.
Dikatannya, dari segi pendidikan, pemikiran out of the box tidak cukup, harus berpikir no box. (Project Kominfo) kedua, yakni kerjasama dengan Paris.

"Yang sekolah di sana ya orang yang bisa coding, tidak ada batas umur, sekolahnya pun 24 by 7, mau jam 12 malam, 9 pagi, silahkan. Tesnya? Pakai chatbot. MoU sudah ditandatangani antara Paris dengan Indonesia," ucapnya.

Hal ini disampaikan Rudiantara dalam pemaparannya sewaktu menyambut kedatangan robot dari China, yang memiliki artificial intelligence, dan dibawa langsung oleh PT Robotic Explorer. Bahkan, Rudiantara menginginkan agar perusahaan yang dimiliki oleh Jully Tjindrawan ini, menjadi partner Kominfo untuk merealisasikan sekolah terkait robotic.

"Kita harus cepat kuasai teknologi yang berhubungan dengan industri 4.0. Saya akan gunakan sekolah robot Bu Yuli untuk dikonversi menjadi mitra Kominfo," tandasnya.

Tak hanya itu, Rudiantara juga berjanji akan membantu agar perizinan mudah, karena menurutnya sudah seharusnya pemerintah tidak hanya bertindak sebagai regulator tapi juga fasilitator, bahkan akselerator.

Di kesempatan yang sama Jully Tjindrawan, MBA selaku Pendiri Yayasan Robotik Indonesia menyampaikan, edukasi teknologi robotik harus sampai dalam kegiatan Ekstra sekolah.

"Dengan mendukung kegiatan edukasi teknologi robotik agar generasi penerus bangsa dapat terus berkarya dan berperan dalam pembaharuan teknologi robotik dunia," jelas Jully.

Menurutnya, pihaknya akan terus mendorong agar edukasi robotic di disetiap sekolah menjadi bahan pelajaran. Ia juga menekankan pentingnya pengetahuan robotika menuju era revolusi industri 4.0 bagi Sumber Daya Manusia Di Indonesia.

Sebagai informasi, PT Robotic Explorer dimiliki oleh Jully Tjindrawan CS ini, juga memiliki lembaga kursus sains robotika. Pihaknya juga merupakan pendiri rumah robot yang telah memperoleh rekor MURI. (Adi)



Penulis:
Editor: Redaksi