Home / Berita Teknologi dan Gadget

Indonesia Harus Punya Sekolah Robotic Untuk Hadapi Era Industri 4.0

Sabtu | 15 Desember 2018 | 18:57:24 WIB
Indonesia Harus Punya Sekolah Robotic Untuk Hadapi Era Industri 4.0 FOTO | ISTIMEWA

jaknewsonline.com — JAKARTA, Memasuk era industri digital atau industri 4.0, pemerintah Indonesia harus siap menghadapi semua itu. Oleh karena itu, pemerintah melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) akan berencana membuka sekolah robot untuk mendukung hal tersebut.

"Kita sudah masuk industri 4.0. Kekurangan kita talenta, jadi kita harus mendidik. Kominfo siapkan digital talent, tapi di level teknisi, bukan enginering, artinya keterampilan. Inilah yang kita lakukan di tahun 2019," Menkominfo Rudiantara, Sabtu (15/12).

Lebih lanjut kata Rudiantara, tahun ini pihaknya ada project (beasiswa: Digital Talent Scholarship) 1000 sudah keterima.
Dikatannya, dari segi pendidikan, pemikiran out of the box tidak cukup, harus berpikir no box. (Project Kominfo) kedua, yakni kerjasama dengan Paris.

"Yang sekolah di sana ya orang yang bisa coding, tidak ada batas umur, sekolahnya pun 24 by 7, mau jam 12 malam, 9 pagi, silahkan. Tesnya? Pakai chatbot. MoU sudah ditandatangani antara Paris dengan Indonesia," ucapnya.

Hal ini disampaikan Rudiantara dalam pemaparannya sewaktu menyambut kedatangan robot dari China, yang memiliki artificial intelligence, dan dibawa langsung oleh PT Robotic Explorer. Bahkan, Rudiantara menginginkan agar perusahaan yang dimiliki oleh Jully Tjindrawan ini, menjadi partner Kominfo untuk merealisasikan sekolah terkait robotic.

"Kita harus cepat kuasai teknologi yang berhubungan dengan industri 4.0. Saya akan gunakan sekolah robot Bu Yuli untuk dikonversi menjadi mitra Kominfo," tandasnya.

Tak hanya itu, Rudiantara juga berjanji akan membantu agar perizinan mudah, karena menurutnya sudah seharusnya pemerintah tidak hanya bertindak sebagai regulator tapi juga fasilitator, bahkan akselerator.

Di kesempatan yang sama Jully Tjindrawan, MBA selaku Pendiri Yayasan Robotik Indonesia menyampaikan, edukasi teknologi robotik harus sampai dalam kegiatan Ekstra sekolah.

"Dengan mendukung kegiatan edukasi teknologi robotik agar generasi penerus bangsa dapat terus berkarya dan berperan dalam pembaharuan teknologi robotik dunia," jelas Jully.

Menurutnya, pihaknya akan terus mendorong agar edukasi robotic di disetiap sekolah menjadi bahan pelajaran. Ia juga menekankan pentingnya pengetahuan robotika menuju era revolusi industri 4.0 bagi Sumber Daya Manusia Di Indonesia.

Sebagai informasi, PT Robotic Explorer dimiliki oleh Jully Tjindrawan CS ini, juga memiliki lembaga kursus sains robotika. Pihaknya juga merupakan pendiri rumah robot yang telah memperoleh rekor MURI. (Adi)



Penulis:
Editor: Redaksi
  • GMMI Ajak Warga Tolak Politisasi Mesjid, Hoax dan Radikalisme

    GMMI Ajak Warga Tolak Politisasi Mesjid, Hoax dan Radikalisme

    JAKARTA, Masa kampanye Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden serta pemilihan anggota legislatif tahun 2019 ini, rumah ibadah sebagai salah satu tempat yang paling rawan untuk dipolitisasi oleh

    Berita Megapolitan - 16 Januari 2019 | | 07:16:39 WIB
  • Daripada Perang Hoax Di Medsos, Balad Jokowi Bandung Raya Ajak Lakukan Kegiatan Sosial

    Daripada Perang Hoax Di Medsos, Balad Jokowi Bandung Raya Ajak Lakukan Kegiatan Sosial

    BANDUNG - Berdasarkan data yang dihimpun redaksi permintaan darah di kota Bandung masih tinggi, pada tahun 2016 secara total mencapai 143.910 kantung darah dan pada tahun 2017 meningkat menjadi 155.

    Berita Jawa Barat - 13 Januari 2019 | | 13:04:49 WIB
  • Sahabat Bulungan Gelar Deklarasi Dukung Jokowi

    Sahabat Bulungan Gelar Deklarasi Dukung Jokowi

    JAKARTA, Sahabat Bulungan yang terdiri dari Alumni SMA IX ,SMA XI dan SMA 70 Bulungan bersatu membentuk aliansi tim pendukung Jokowi 2 periode adalah wadah untuk menyatukan pergerakan bagi pihak

    Berita Politik - 09 Januari 2019 | | 17:23:31 WIB
  • Gubernur Anies Hadiri Hari Amal Bakti Ke-73 Kemenag 2019

    Gubernur Anies Hadiri Hari Amal Bakti Ke-73 Kemenag 2019

    JAKARTA, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memimpin upacara Hari Amal Bakti Kemenag RI ke 73 di Halaman Kantor Kanwil Kemenag Jakarta Timur, Kamis, (3/12). "Marilah kita panjatkan puji dan

    Berita Megapolitan - 04 Januari 2019 | | 10:07:41 WIB
  • Staf Presiden: Pembangunan Kebun Plasma di Papua Kewajiban Hukum

    Staf Presiden: Pembangunan Kebun Plasma di Papua Kewajiban Hukum

    PAPUA, Staf Kepresidenan Republik Indonesia melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Merauke, Provinsi Papua pada Kamis (13/12) lalu untuk melihat perkembangan industri sawit yang berada di sana. Dari

    Berita Nasional dan Daerah - 21 Desember 2018 | | 10:20:17 WIB