Home / Berita Nasional dan Daerah

BPN Tangsel Pastikan tak Ada Biaya Penebusan Sertifikat Program PTSL

Jumat | 08 Februari 2019 | 09:50:33 WIB
BPN Tangsel Pastikan tak Ada Biaya Penebusan Sertifikat Program PTSL FOTO | ISTIMEWA

jaknewsonline.com — Tangerang, Program sertifikasi tanah Presiden Joko Widodo (Jokowi) tertimpa kabar negatif. Sebab, program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) yang harusnya tanpa pungutan sepeserpun, namun kabarnya masih ada masyarakat yang harus membayar.

Menyikapi maraknya pemberitaan tentang adanya pungutan pada program PTSL yang dijalankan oleh Badan Pertanahan Nasional (BPN) menjadi bola panas bagi aparat ATR/BPN.

"Kami selaku penyelenggara dan pihak yang berwenang untuk menerbitkan sertifikat tanah, yang dalam hal ini program PTSL, setelah berkas persyaratan dinyatakan telah lengkap, berkas tersebut akan di daftarkan untuk penerbitan sertifikat. Biaya pendaftaran sampai dengan penerbitan sertifikat adalah nol rupiah alias gratis," jelas Kepala Seksi Penanganan Masalah dan Pengendalian Pertanahan ATR/BPN Kota Tangerang Selatan, Kadi Mulyono saat mengklarifikasi hal tersebut, Rabu (6/2) di Tangerang.

Pihaknya berharap dengan adanya program PTSL, pemilik tanah, lurah/kepala desa, camat dan sebagainya untuk dapat berkordinasi dan bekerjasama dengan baik untuk kepentingan rakyat.

"PTSL-kan program Presiden Jokowi dan masuk dalam Nawacita. Artinya gratis biaya pengurusannya di BPN, diluar nilai perolehan hak tanah dan bangunan (BPHTB) materai dan patok tanah. Kami juga berharap, dengan program pembuatan sertifikat gratis masyarakat lebih memilih program ini. Jadi masyarakat diharapkan memanfaatkan program tersebut," jelas Kadi kepada media. (is)



Penulis:
Editor: Redaksi