Home / Berita Politik

LSM KIPANG Dukung Pemerintah untuk Pilpres Berjalan Aman, Damai dan Anti Hoax

Senin | 18 Februari 2019 | 14:44:07 WIB
LSM KIPANG Dukung Pemerintah untuk Pilpres Berjalan Aman, Damai dan Anti  Hoax FOTO | ISTIMEWA

jaknewsonline.com — JAKARTA, Komite Independen Penyelamat Anak Bangsa (KIPANG) adalah LSM yang memiliki tujuan dalam melakukan kontrol terhadap pemerintah maupun kegiatan Non pemerintah yang bersifat sosial.

Ketua LSM KIPANG, Ikraman Thalib SH, MSi menjelaskan, LSM KIPANG terbentuk pada 11 Oktober 1999 lalu ini selalu berusaha sebagai garda terdepan untuk memantau pesta demokrasi agar berjalan demokratis tanpa adanya kecurangan. Rencana Organisasi LSM KIPANG pada Pemilu 2019 adalah bersatu dan menjunjung tinggi netralitas pada Pemilu 2019 dan mengajak semua elemen masyarakat untuk ikut berperan aktif mengawal jalannya Pilpres serta Pileg mendatang.

"Saya berharap pemilu 2019 ini sebaiknya menjadi pesta demokrasi yang damai dan jauh dari kata ricuh. Dengan begitu, LSM KIPANG akan memberikan contoh kepada masyarakat sekitarnya agar selalu menjalankan Pemilu yang damai," ungkap Ikraman saat Konferensi Pers, Minggu (27/1) di Jakarta.

Sementara, Prof. DR. Ahmad Siabudin, juga menyampaikan bahwa pemilu damai itu merujuk dalam sebuah etika, seperti jangan mempermainkan kata-kata. Berkatalah yang baik tanpa menambah atau mengurangi, perkataan.

"Etika" pemilu sendiri dalam peraturannya meliputi beberapa hal yang mengacu pada UU pers, UU penyiaran, UU keterbukaan informasi dan UU ITE. Selain itu menurutnya Berita bohong atau hoax adalah salah satu bentuk berita yg bisa menyebabkan kericuhan," ujarnya.

Sehingga kedepan katanya, LSM Kipang harus bisa lebih menyaring kebenaran dari sebuah berita yang disebarkan terutama dalam pemilu ini. Dengan begitu ketidaknyaman dengan ada adanya hoax dapat diatasi.

Ditempat yang sama, DR.H. Gajali M.Si berharap LSM Kipang harus selalu menjadi Garda terdepan dan sangat mendukung Pemerintah Dalam Pemilu Damai Tahun 2019.

"Maka dengan ini bahwa LSM KIPANG di seluruh Indonesia dengan tegas mendukung Capres dan Cawapres yang Pro Rakyat, berdasarkan fakta nyata yang dirasakan oleh masyarakat seluruh Indonesia mulai dari Sabang sampai Merauke," tutupnya.



Penulis:
Editor: Redaksi