Home / Berita Ekonomi dan Bisnis

BRI Akan Bangun Menara Baru di Segitiga Emas Jakarta

Jumat | 29 Desember 2017 | 11:20:56 WIB
BRI Akan Bangun Menara Baru di Segitiga Emas Jakarta FOTO | ISTIMEWA

jaknewsonline.com — JAKARTA, PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk membangun gedung baru di kawasan "Segitiga Emas" Jakarta, yakni di Jalan Jenderal Gatot Subroto nomor 62. Gedung yang diberi nama Menara BRI Gatot Subroto tersebut diharapkan akan menjadi ikon baru di kawasan strategis dan prestisius di ibu kota.

"Gedung ini merupakan salah satu upaya perseroan untuk optimalisasi aset. Di sisi lain, dengan adanya gedung baru maka akan meningkatkan efisiensi karena saat ini masih terdapat unit kerja BRI di wilayah Jakarta yang statusnya sewa," kata Suprajarto dalam keterangan tertulisnya, Kamis (28/12/17).

Gedung baru ini nantinya akan terdiri atas 37 lantai dan 5 basement. Kebutuhan ruang kantor atau office space, baik dari Bank BRI maupun industri sendiri makin hari semakin meningkat. Peluang inilah yang juga ditangkap oleh Bank BRI dengan menyewakan sebagian lantai di Menara BRI Gatot Subroto untuk umum.

Suprajarto yakin, Menara BRI Gatot Subroto ini akan menjadi landmark baru di kota Jakarta. Gedung ini didesain dengan konsep eco-green building, dilengkapi dengan taman di atap serta tanaman-tanaman di sisi timur gedung.

Bentuknya pun unik, yakni mengusung konsep futuristik yang terdiri dari dua bagian yang berbeda, dimana satu bagian melambangkan kuncup dan satunya lagi bunga yang sedang mekar. Ini merupakan simbol Bank BRI yang akan selalu terus berkembang.

"Keberadaan gedung baru ini tentunya kami harap bisa mendorong kinerja perseroan untuk memberikan layanan perbankan terbaik bagi seluruh lapisan masyarakat," imbuh Suprajarto.

Untuk membangun gedung baru tersebut, Bank BRI menggandeng PT Pembangunan Perumahan (Persero) Tbk sebagai kontraktor pelakasana proyek.

Ini merupakan bentuk komitmen BRI untuk mendukung Sinergi BUMN yang terus digaungkan oleh pemerintah," ujarnya.

Selain PT Pembangunan Perumahan (Persero) Tbk, Bank BRI juga menggandeng beberapa pihak lain untuk menyukseskan pembangunan Menara BRI Gatot Subroto, di antaranya PT Arkitek Tim Empat KSO PT Arkonin sebagai konsultan perencana, PT Ciriajasa sebagai konsultan manajemen konstruksi, serta PT Korra Antarbuana sebagai quantity surveyor. Diharapkan, di tahun 2020 gedung tersebut sudah dapat dioperasikan secara penuh.

Hadir dalam acara groundbreaking gedung baru tersebut yakni Menteri BUMN RI Rini M. Soemarno, Komisaris Utama Bank BRI Andrinof A.Chaniago, dan Direktur Utama Bank BRI Suprajarto, serta Direktur Utama PT. Pembangunan Perumahan (Persero) Tbk Tumiyana. Menara BRI Gatot Subroto tersebut akan menempati lahan seluas 8.589 meter persegi dengan luas konstruksi mencapai 95.437 meter persegi.
(dtk)



Penulis:
Editor: Redaksi