Home / Berita Ekonomi dan Bisnis

INNOBIZ Gelar "Indonesia-Korea SMEs Technology Matching Event 2019"

Selasa | 23 April 2019 | 19:14:22 WIB
INNOBIZ Gelar FOTO | ISTIMEWA

jaknewsonline.com — JAKARTA - Indonesia salah satu negara yang sedang berkembang dalam meningkatkan kesejahteraan bagi pelaku Usaha Kecil Menengah (UKM). Dan hal ini juga menjadi incaran bagi negara lain untuk dapat kerjasama.

Karenanya, salah satu asosiasi pelaku usaha kecil dan menengah (small dan medium) asal Korea Selatan Innobiz berusaha membantu UKM di Indonesia membidik kerjasama melalui bussines meeting.

Untuk menjembatani hal tersebut, Innobiz menggelar "Indonesia-Korea SMEs Technology Matching Event 2019" di Hotel Gran Melia Jakarta. Innobiz merupakan asosiasi perusahaan UKM di Korea Selatan dimana anggotanya sebanyak 18.000 perusahaan.

Vice Chairman Innobiz Association Kim Jong-Kil saat ditemui wartawan di acara tersebut menjelaskan, Indonesia merupakan pasar yang baik dalam pengembangan teknologi informasi dan internet of things (IoT).

"Ini sudah 2 kali diadakan acara business meeting dengan perusahaan-perusahaan Indonesia. Saat ini kami berharap bisa banyak perusahaan yang melakukan kerjasama (MoU) yang pada hari ini ada perusahaan asal Korsel yang datang ke Indonesia," ujarnya, Selasa (23/4).

Jong menjelaskan, kegiatan ini bertujuan untuk memberikan peluang yang tak ternilai untuk menggali lebih dalam dan mendapatkan informasi sebanyak-banyaknya tentang industri mesin, alat berat, medis, dan kosmetik Korea.

"Kami menargetkan ke depannya dapat bekerja sama dengan beberapa perusahaan UKM asal Indonesia," ucapnya.

Dirinya berharap kerjasama dengan perusahaan Indonesia nantinya dapat saling menyalurkan ilmu, teknologi, dan dimungkinkan adanya investasi yang masuk ke Indonesia.

"Bisa juga bikin cabang maupun pabrik di Indonesia. Tapi ya kendalanya di izin yang sulit di Indonesia," ungkapnya.

"Perusahaan yang masuk dalam Innobiz selektif dan mereka merasakan manfaatnya yakni dari segi pendapatan meningkat dan karyawan juga meningkat jumlahnya," tutur Kim.

Dia juga menambahkan dengan perusahaan-perusahaan asal Korea Selatan yang bekerja sama langsung dengan perusahaan Indonesia terutama untuk meningkatkan inovasi teknologi UKM ini tentu berdampak positif.

Pasalnya selama ini perusahaan Tanah Air kesulitan memperoleh informasi peningkatan teknologi usaha UKM. Di Korea Selatan sendiri punya ribuan perusahaan UKM yang memiliki inovasi teknologi yang canggih.

"Ini bagus sekali, Innobiz bisa bantu para pelaku UKM di Indonesia ntuk dapat bekerjasama meningkatkan bisnisnya," ujar Kim lagi.

Adapun 9 perusahaan Korea yang mengikuti Bussines Meeting yakni, Machinery Technology Solution) Co., LTD, Seoul Material Handing System, Aqualex, NEXT Square, DIOGENE, Daewoong Corporation Co., Ltd, Medizen Humancare Inc, Buttle Information System Co., Ltd, Best Tech System.



Penulis:
Editor: Redaksi