Home / Berita Megapolitan

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan Ingin Warga DKI Gunakan Transportasi Umum

Selasa | 30 Juli 2019 | 15:48:57 WIB
Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan Ingin Warga DKI Gunakan Transportasi Umum FOTO | ISTIMEWA

jaknewsonline.com — JAKARTA, Saat ini masyarakat di DKI Jakarta sudah menurun yang menggunakan transportasi umum.

"Pada tahun 1998, ada sekitar 49 persen warga DKI menggunakan transportasi umum. Kini warga DKI hanya sekitar 25 persen yang memakai transportasi umum karena banyak yang menggunakan kendaraan pribadi," kata Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, Selasa (30/7/19) di Hotel Holiday Inn Kemayoran, Jakarta Pusat.

Selain itu juga disampaikan Anies dalam sambutan Musyawarah Kerja Daerah I dan Musyawarah Kerja Dewan Pimpinan Unit serta Musyawarah Dewan Pimpinan Unit Taksi Organda Provinsi DKI Jakarta Tahun 2019.

"Organisasi Angkutan Darat (Organda) yang sudah menyediakan moda transportasi untuk warga. Anies ingin warga DKI menggunakan transportasi umum. Ini pentingnya transportasi umum untuk warga DKI," ungkap Anies.

Pada kesempatan ini juga, Anies menyampaikan ingin masyarakat DKI Jakarta lebih banyak menggunakan transportasi umum massal. Itu yang kita dorong.

"Hari ini yang menggunakan kira-kira 23 - 25 persen. Sehingga makin hari makin banyak yang menggunakan kendaraan pribadi. Kita ingin, lebih banyak lagi yang menggunakan kendaraan umum," jelas Anies.

Karena itu, pemerintah dan masyarakat menurut Anies harus melakukan kolaborasi untuk membangun sebuah ekosistem transportasi umum massal yang sehat. Tujuannya agar saling mendukung menyediakan transportasi umum massal.

"Tujuan utamanya warga jakarta lebih banyak menggunakan kendaraan umum daripada menggunakan kendaraan pribadi. Karena itu kita dorong integrasi itu dan kami ingin usaha di bidang angkutan, itu hidup. Bukan malah dimatikan," katanya lagi.

Anies mengatakan tugas pemerintah membuat aturan untuk transportasi umum yang dibahas dengan Organda sebagai mitra. Jika aturan transportasi umum diterapkan, maka ia meyakini wilayah Jakarta mudah menggunakan transportasi umum.

"Kalau kita membangun aturan main yang fair, maka saya yakin target kita, yaitu 95 persen wilayah Jakarta terjangkau dengan angkutan umum massal dan itu tidak mungkin dikerjakan sendiri. Justru bapak ibu harus berkembang menjangkau. Kami siap untuk berada menjadi supporting partnernya. Supaya itu bisa menjangkau semuanya," tutur dia.

Selain itu, Anies mempunyai keinginan mudahnya akses transportasi umum untuk warga DKI, sehingga semua wilayah Jakarta terhubung dengan transportasi.

"Kalau target kita, 500 meter dari manapun kita berada, ada akses pada kendaraan umum, dan kendaraan umum itu tersambungkan dari satu tempat ke tempat lain, maka saya percaya, warga Jakarta, akan lebih menggunakan kendaraan umum massal daripada milih pakai angkutan yang panas berboncengan. Betul, pasti," jelas Anies.



Penulis:
Editor: Redaksi