Home / Berita Ekonomi dan Bisnis

Kedepan, Bahan Bakar Alternatif, Seperti Methanol diperlukan

Selasa | 20 Agustus 2019 | 11:45:34 WIB
Kedepan, Bahan Bakar Alternatif, Seperti Methanol diperlukan FOTO | ISTIMEWA

jaknewsonline.com — JAKARTA, Kedepan, tantangan penggunaan bahan baku industri semakin tinggi. Oleh karena itu diperlukan bahan bakar alternatif masa depan, seperti methanol.

"Methanol memiliki bilangan oktan yang tinggi dengan pembakaran yang lebih sempurna," ujar Satriyo Nugroho, Direktur Teknik dan Pengembangan PT. Pupuk Kalimantan Timur saat ditemui wartawan usai mengikuti Focus Group Discussion (FGD) di Menara Kadin, Jakarta, Senin (19/8/19).

Masih kata Satriyo, kebutuhan methanol di Indonesia setiap tahunnya terus meningkat. Tahun 2021 diprediksi jumlahnya mencapai 900 ribu ton per tahun, sedangkan kemampuan memasok dari produksi dalam negeri hanya sebesar 350 ribu ton per tahun.

"Oleh karenanya, ini menjadi suatu tantangan tersendiri bagi semua pihak, baik itu pemerintah maupun pelaku usaha. Sebab, kalau produk methanol tidak dibenahi dari sekarang, maka industri kimia hilir tidak menjadi industri berkelanjutan dan sulit bersaing," ucapnya.

Seperti diketahui, untuk menyikapi hal tersebut, Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia menggelar Focus Group Discussion (FGD) bertajuk "Mendorong Pertumbuhan Industri Kimia Berbasis Methanol" di Menara Kadin, Kuningan, Jakarta Selatan.



Penulis:
Editor: Redaksi