Home / Berita Megapolitan

Perwakilan Keluarga Sadar Hukum Tingkat Provinsi DKI Diharapkan Mampu Tularkan Pengetahuan Hukum

Jumat | 30 Agustus 2019 | 09:54:14 WIB
Perwakilan Keluarga Sadar Hukum Tingkat Provinsi DKI Diharapkan Mampu Tularkan Pengetahuan Hukum FOTO | ISTIMEWA

jaknewsonline.com — JAKARTA, Kantor Wilayah Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kanwil Kemenkumham) gelar Lomba Keluarga Sadar Hukum (Kadarkum) Tingkat Provinsi DKI Jakarta Tahun 2019 di Gelanggang Remaja Pulogadung, Jakarta Timur.

Kadarkum atau Keluarga Sadar Hukum diikuti oleh perwakilan 5 Wilayah Kota dan Kepulauan Seribu.

Para kelompok Kadarkum yang sampai di tingkat ini merupakan perwakilan yang menang di tingkatan sebelumnya.

"Kami mencoba bagaimana tim kami ini bisa turun sampai ke pelosok-pelosok. Dengan semua steakholder yang ada mulai dari tingkat RT, RW maupun Tingkat Kecamatan dan lainnya. Kami memberikan sosialisasi kepada masyarakat tentang aturan-aturan yang ada di negara kita ini penyuluhan hukum dan lain sebagainya," ucapnya di Pulogadung, Rabu (28/8/19).

Nantinya para pemenang Kadarkum di Tingkat Provinsi ini akan menjadi perwakilan Lomba Kadarkum di Tingkat Nasional Tahun 2020 mendatang.

Oleh sebab itu, para agen Kadarkum dituntut dapat terjun langsung ke masyarakat untuk melakukan sosialisasi secara rutin dengan penjadwalan terlebih dahulu.

"Mereka ini akan menyampaikan pengetahuan yang berkaitan dengan hukum. Sehingga dengan agen yang kita tunjuk masyarakat lebih lebih sadar hukum. Dengan tujuan supaya Jakarta lebih tertib hukum, aman, tentram dan tidak ada masalah," lanjutnya.

Sementara itu, Wali Kota Jakarta Timur M Anwar sangat mengapresiasi kegiatan ini terutama wilayahnya menjadi tempat penyelenggaraan Tingkat Provinsi.

"Tentunya ini suatu upaya yang baik untuk menyadarkan masyarakat tentang taat hukum. Kedua menyadarkan masyarakat pada pembayaran pajakan, pencatatan kelahiran. Intinya kita menyadarkan masyarakat tentang arti hukum dan tidak melanggar hukum," ucapnya.

Sejauh ini, Anwar mengatakan warga DKI Jakarta secara bertahap mulai mengerti, mulai menyadari dan mau belajar hal-hal yang berkaitan dengan hukum.

Dalam acara ini dihadiri juga oleh Wali Kota Jakarta Timur M Anwar dan Kepala Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta Bambang Sumardiono. (red/Tj)



Penulis:
Editor: Redaksi