Home / Berita Jawa Barat

Hasil Evaluasi Moratorium, BORR Jadi Proyek Tol Elevated Pertama Yang Lolos

Sabtu | 24 Februari 2018 | 20:17:58 WIB
Hasil Evaluasi Moratorium, BORR Jadi Proyek Tol Elevated Pertama Yang Lolos FOTO | ISTIMEWA

jaknewsonline.com — JAKARTA, Penghentian sementara 32 proyek tol dan empat proyek kereta yang memiliki konstruksi elevat pemerintah diperlukan waktu sekitar dua pekan, salah satunya termasuk pekerjaan konstruksi untuk Seksi IIB ruas Kedung Badak-Simpang Yasmin lantaran mempunyai konstruksi layang.

Namun, pekerjaan konstruksi Bogor Outer Ring Road (BORR) menjadi proyek tol pertama yang lulus evaluasi keselamatan konstruksi yang dilakukan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

"Setelah dilakukan audit dari beberapa aspek, maka telah disepakati dan ditandatangani Berita Acara Persetujuan pelaksanaan pengangkatan box girder span 61-62," ujar Direktur Utama PT Marga Sarana Jabar (MSJ) Hendro Atmodjo dalam keterangan tertulis, Sabtu (24/2/18).

PT.MSJ sebelumnya telah mengajukan permohonan audit evaluasi atas pekerjaan konstruksi untuk Seksi IIB ruas Kedung Badak-Simpang Yasmin pada Kamis (22/2/18) lalu.

Sebagai tindak lanjut permohonan, proses audit prioritas pun dilaksanakan Sabtu (24/2/18) antara pukul 14.00 WIB hingga 16.00 WIB.

Adapun pekerjaan konstruksi elevated yang dilakukan evaluasi yaitu pelaksanaan pemasangan span terakhir dengan panjang 45 meter.

Sedangkan kelanjutan dari pelaksanaan span sisi utara sebanyak 16 segmen akan dilakukan pada tanggal 27 Februari 2018, dengan melaksanakan pengalihan lalu lintas atau detour di bawahnya selama empat hari," tutur Hendro.

Sebelumnya, pemerintah memutuskan menghentikan sementara 32 proyek tol dan empat proyek kereta yang memiliki konstruksi elevated.

Keputusan itu diambil menyusul terjadinya rentetan kasus kecelakaan konstruksi sebanyak 14 kali dalam tujuh bulan terakhir.

Seperti diketahui, proyek jalan Tol Bogor Outer Ring Road (BORR) seksi II-B berhasil lolos audit keselamatan konstruksi oleh KKJTJ dan K3N setelah moratorium. PT Wijaya Karya selaku kontraktor proyek Tol BORR siap melanjutkan pembangunan yang tersisa.

"Alhamdulillah, kami sudah diaudit. Dan dinyatakan lolos, untuk selanjutnya pekerjaan dilanjutkan untuk erection sisi utara P61 dan P62," manajer proyek jalan Tol BORR Ali Afandi.

Ali mengatakan pekerjaan telah dilanjutkan sejak Sabtu (24/2) kemarin, sedangkan untuk pekerjaan erection sisi utara P61 dan P62 akan mulai pada Selasa tanggal 27 Februari 2018. (IDR)



Penulis:
Editor: Redaksi