Home / Berita Jawa Barat

Bikin Efek Jera, Saluran Limbah ke Sungai Cisuminta di Cor

Jumat | 06 September 2019 | 00:05:59 WIB
Bikin Efek Jera, Saluran Limbah ke Sungai Cisuminta di Cor FOTO | ISTIMEWA

jaknewsonline.com — KAB BANDUNG -- Dansektor 7 Satgas Citarum Harum beserta 60 Personil, 24 orang Mahasiswa dan 30 orang Relawan, memimpin proses pengecoran aliran sungai Cisuminta yang sinyalir membuang limbah tanpa melalui proses pengolahan terlebih dahulu, pada hari Kamis (5/9).

"Beberapa pengusaha telah kami kumpulkan pada hari Senin (2/9) lalu, kami jelaskan bahwa, saya patroli rutin selama seminggu. Inilah perbuatan para pengusaha yang memanfaatkan kondisi malam hari untuk membuang limbah, padahal saya patroli," ujar Purwadi.

Dirinya menghimbau agar jangan membuang limbah, tetapi kenyataan kemarin setelah hujan pada pukul 14.00 WIB malah lebih parah, tadi saat cek PH-nya juga sebelas, tanpa mengurangi kebutuhan masyarakat, kami tidak bersikap sewenang-wenang, kami juga lapor kepada komando atas dalam hal ini panglima melalui Kasdam dan Kemenkomaritim. Kami laporkan bahwa saluran ini akan kita tutup dengan harapan agar pengusaha yang membuang limbah langsung ke sungai menjadi jera dan tidak mengulangi lagi.

"Selain itu, saya juga sudah koordinasi dengan pimpinan dan dinas terkait, ada 11 saluran, kanan 2, kiri 1 depan 8 saluran. Sekarang saya tutup 8 saluran dan kemarin 3 saluran. Ini semua perusahaan Dayeuhkolot, untuk kali ini ada beberapa perusahaan, karena tidak ada yang mengakui maka saya cor," tegasnya.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Kapolsek Dayeuh Kolot, Lurah Pasawahan, Dinas LH Kabupaten Bandung, Babinsa Dayeuh Kolot, Linmas dan unsur masyarakat lainnya.

Uploader : Iwa Permana



Penulis:
Editor: Redaksi