Home / Berita Pendidikan

HUT ke 53, UP Umumkan University of Pancasila lnternational Community (UPIC)

Jumat | 01 November 2019 | 12:56:20 WIB
HUT ke 53, UP Umumkan University of Pancasila lnternational Community (UPIC) FOTO | ISTIMEWA

jaknewsonline.com — HUT ke 53, UP Umumkan University of Pancasila lnternational Community (UPIC)

JAKARTA, Universitas Pancasila mengadakan acara puncak peringatan Hari Ulang Tahun Universitas Pancasila yang ke 53 Tahun pada tanggal 31 Oktober 2019. Sebelumnya, rangkaian acara untuk memperingati HUT UP mulai dari tanggal 22 Oktober 2019 Universitas Pancasila tepat berusia 53 Tahun pada tanggal 26 Oktober 2019.

Acara Hari Ulang Tahun Universitas Pancasila ke 53 Tahun diadakan di Gedung Serba Guna (GSG) dan dihadiri Ketua Pembina, Pengawas dan Pengurus Yayasan Pendidikan dan Pembina Universitas Pancasila (YPPUP) yang dihadiri rektor Universitas Pancasila Prof. Dr. Wahono Sumaryono. Apt, para Guru Besar. Anggota Senat, para pejabat Struktural, dosen dan seluruh karyawan Universitas Pancasila.

Rektor Universitas Pancasila Prof. Dr. Wahono Sumaryono. Apt, menyampaikan, Universitas Pancasila dalam usia 53 tahun memiliki mahasiswa lebih dari 15.000 orang dan telah meluluskan sekitar 62.000 sarjana dari berbagai program awal dan telah ikut berkarya dan berkontribusi secara aktif membangun bangsa dan negara sesuai kompetensi disiplin ilmu maupun bidang pengabdian masing-masing.

"Tahun 2019 ini, Universitas Pancasila meraih peringkat 45 PTN dan PTS terbaik di lndonesia dari total 2141 PTN dan PTS yang berdiri di lndonesia menurut data KemenRisTekDikti. Universitas Pancasila juga meraih peringkat 5 terbaik se-DKI Jakarta di Tahun 2019 versi Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLPDikti) Peringkat 16 PTS terbaik di indonesia tahun 2019 serta peringkat kampus Terhijau di Indonesia tahun 2018 oleh Ul Green Metric," ujarnya, Kamis (31/10/2019).

Lebih lanjut katanya, Universitas Pancasila sebagai institusi Penyelenggara Pendidikan Tinggi telah terakreditasi A pada bulan Desember 2018. Kemudian dari 27 Program Studi yang dikelola, 14 prodi terakreditasi A. 11 prodi terakreditasi B. 2 prodi terakreditasi C. Untuk prodi yang terakreditasi B dan C sedang dilakukan persiapan reakreditasi untuk memperoleh peringkat yang lebih baik.

"Di bidang Akademik, UP telah bekerjasama dengan sejumlah Universitas di dalam negeri dan luar negeri dalam rangka studi lanjut dosen dan kerjasama Penelitian, pergantian mahasiswa dalam bentuk credit transfer double degree dibidang Non-Akademik, khususnya bidang olahraga. sejumlah prestasi di cabang-cabang Taekwondo, Tarung Derajad berhasil memperoleh Medali Emas, Perak dan Perunggu ditingkat DKI maupun Nasional," jelasnya.

Pada kesempatan itu juga, rektor mengumumkan pembentukkan University of Pancasila lnternational Community (UPIC). UPIC akan merupakan wadah bagi para mahasiswa Universitas Pancasila yang tidak hanya memiliki kemampuan akademik tapi 1099 mempunyai kemampuan dan kapasitas untuk berinteraksi dalam pergaulan Internasional.

"Saya berharap, para mahasiswa yang tergabung dalam UP ini nantinya diharapkan akan menjadi Duta Universitas Pancasila (UP Ambassadors), yang dapat menjadi promotor dalam upaya meningkatkan international exposure. Universitas Pancasila sebagai institusi pendidikan yang mampu berkiprah di luar negeri," ungkapnya.

Rektor menambahkan, pihaknya mempunyai program jangka panjang dengan tetap menerapkan pendidikan lebih tinggi lagi.

"Untuk itu, UP mempunyai 5 rencana strategi (renstra) yang nantinya pihaknya mengadakan pendidikan jaraj jauh dengan menggunakakn aplikasi e-learning.yang.yang rencananya akan dilaksakan pada semeser tahun depan 2020," tambahnya

Ditempat yang sama, pihak Yayasan, Eddie Toet mengutarakan kinerja UP semakin baik, dan berharap juga kedepan. semakin baik lagi, sebab dengan nama yang sakral yakni Pancasila menjadikan kampus ini beban berat bagi keluarga besar UP.

Uploader : Is.Idris



Penulis:
Editor: Redaksi