Home / Berita Ekonomi dan Bisnis

Jamkrida Jakarta, tingkatkan penjaminan syariah

Sabtu | 09 November 2019 | 12:06:17 WIB
Jamkrida Jakarta, tingkatkan penjaminan syariah FOTO | ISTIMEWA

jaknewsonline.com — JAKARTA, Saat ini penjaminan kredit yang dikelola perseroan PT Penjaminan Kredit Daerah (Jamkrida) Jakarta sedang menindaklanjuti program penjaminan syariah. Hal ini merupakan tindak lanjut serta dukungan yang sedang digalakkan oleh Pemprov DKI Jakarta terkait syariah dan hProalal tourism. Sehingga program ini juga akan menguntungkan Jamkrida, sebab potensi yang cukup besar.

"Secara teknis setiap produk harus ada bisnis plan-nya untuk kemudian diajukan ke OJK. Dari sana OJK akan menilai dan meneliti untuk kemudian diterbitkan izinnya," ujarnya, Selasa (5/11/2019) kepada wartawan diruang kerjanya.

Dalam usia lebih empat tahun, Jamkrida Jakarta berkiprah, namun BUMD yang kepemilikan saham mayoritas sekaligus pengendali sebesar 95 persen oleh Pemprov DKI Jakarta dan sisanya sebesar 5 persen oleh PD Pasar Jaya itu terus meningkatkan inovasi dalam penjaminan kredit, baik untuk UMKM, Konvensional dan syariah.

Lebih lanjut katanya, dalam pengelolaan penjaminan kredit syariah UMKM, perseroan akan melakukan kerjasama dengan Bank DKI Syariah. Tahun ini terkait penjaminan syariah pihaknya menargetkan Rp 200 miliar dan target tahun 2020 mendatang, pihaknya berencana hingga Rp 1 triliun.

"Target Rp 1 triliun masuk diakal sebab produknya sangat banyak, yaitu bisa perbankan dan non perbankan. Untuk perbankan seperti bank-bank yang menerapkan syariah. Sedangkan non perbankan seperti koperasi syariah dan lain sebagainya," jelas Chusnul.

Hingga saat ini pihak perseroan juga proses menyiapkan SDM.Sebab penjaminan berbasis syariah berbeda dengan non syariah. SDM termasuk direksi harus paham terkait penjaminan syariah.

"Sedang kita siapkan termasuk pelatihan dan sertifikasinya," ucapnya.

Dikesempatan itu juga, Chusnul menyampaikan bahwa, peran serta Jamkrida Jakarta akan terus ditingkatkan termasuk memberikan edukasi kepada masyarakat, khususnya pelaku UMKM untuk dapat bekerjasama dengan baik.



Penulis:
Editor: Redaksi