Home / Berita Megapolitan

BP Jamsostek Jakarta Rawamangun, Gelar Vokasi Indonesia Bekerja

Senin | 25 November 2019 | 14:29:54 WIB
BP Jamsostek Jakarta Rawamangun, Gelar Vokasi Indonesia Bekerja FOTO | ISTIMEWA

jaknewsonline.com — JAKARTA, Data dari BPJS Ketenagakerjaan menunjukkan ada sekitar 1,7 juta orang menjadi pengangguran atau berhenti bekerja dengan berbagai alasan, salah satunya adalah Pemutusan Hubungan Kerja (PHK). Ini menjadi fokus yang menarik perhatian BP Jamsostek, yang akhirnya meluncurkan Program Vokasi bagi pekerja yang kehilangan mata pencarian.

Vokasi atau yang lebih dikenal di masyarakat dengan sebutan pelatihan kerja merupakan upaya pemerintah untuk membentuk sumber daya manusia yang unggul dan tangguh sesuai dengan program kerja Presiden Joko Widodo.

Setelah resmi memperkenalkan program Pelatihan Vokasi Indonesia Bekerja kepada publik di pertengahan Juli lalu, kini BPJS Ketenagakerjaan (TK) atau yang saat ini dikenal dengan BP Jamsostek rutin menggelar pelatihan yang diperuntukkan kepada peserta yang telah mendaftar.

Salah satunya adalah pelatihan yang diselenggarakan oleh BP Jamsostek Cabang Rawamangun. Pelatihan tersebut resmi dibuka Direktur Pelayanan BP Jamsostek Krishna Syarif, Wali Kota Jakarta Timur M. Anwar, dan Kelapa Suku Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Jakarta Timur Galuh Prasiwi Widorukmi di Hotel MaxOne Rawamangun, Jakarta Timur, Senin (25/11).

M. Anwar Jakarta TImur menuturkan kegiatan merupakan komitmen pemda dalam memberikan perlindungan kepada masyarakat. Manfaat BPJS sudah banyak dirasakan dan ini sebagai solusi berbagai masalah pekerja, termasuk di lingkung­an pemerintah.

"BPJS Ketenagakerjaan dapat memperluas lagi cakupan pekerja dan penerima manfaat dari jaminan," harapnya.

Sementara, Kepala Kantor Cabang BPJamsostek Jakarta Rawamangun, Deny Yusyuliwan menjelaskan, jumlah peserta yang akan mengikuti pelatihan hari ini sebanyak 20 peserta untuk kelas Food and Beverage Service, sesuai jenis pelatihan yang diberikan oleh LPK Bina Mutu Bangsa yakni sektor perhotelan dan pariwisata.

"Saya mengajak seluruh pekerja yang mengalami PHK ataupun putus kerja untuk mendaftarkan diri dengan cara mengunjungi langsung 4 Kantor Cabang Piloting dan dapat mengakses di website www.bpjsketenagakerjaan.go.id dan klik pada banner vokasi," ucap Deny.

Pembukaan program Pelatihan Vokasi Indonesia Bekerja tersebut turut hadir anggota Dewan Pengawas BP Jamsostek Rekson Silaban dan Deputi Direktur BP Jamsostek Kantor Wilayah DKI Jakarta Cotta Sembiring dan Kepala Kantor Cabang BP Jamsostek Jakarta Rawamangun, Deny Yusyuliwan.

Dari target 20 ribu pekerja yang diberikan oleh pemerintah untuk mengikuti vokasi, sejak dimulainya pelatihan pada September 2019 hingga 31 Oktober 2019, peserta vokasi sudah mencapai 250 orang. Dari angka tersebut, hingga awal November 2019 ini telah ada 14 orang yang terserap dan kembali bekerja di wilayah Cikarang dalam bidang manufaktur.

Dalam tahap awal, pelatihan vokasi dilakukan di Banten, Jawa Barat dan DKI Jakarta. Pada November ini, pelatihan akan diperluas di Lombok, Balikpapan, Tangerang, dan beberapa wilayah lain di Indonesia.



Penulis:
Editor: Redaksi