Home / Berita Pemerintahan

Delegasi Kemenpora RI hadiri kegiatan ACCPCJ di Bangkok

Rabu | 08 Januari 2020 | 15:17:23 WIB
Delegasi Kemenpora RI hadiri kegiatan ACCPCJ di Bangkok FOTO | ISTIMEWA

jaknewsonline.com — Jakarta, Indonesia menyambut baik penyelenggaraan Forum Pemuda untuk mempromosikan budaya pencegahan Cybercrime di kalangan Pemuda ASEAN. Indonesia berharap forum ini dapat menjadi tempat bagi peserta pemuda ASEAN untuk secara terbuka membahas isu-isu yang berkaitan dengan pencegahan kejahatan dan peradilan pidana dan secara aktif bekerjasama dalam brainstorming solusi yang berdampak, khususnya dalam konteks kejahatan dunia maya (cyber crime). Selain itu juga untuk mendukung forum Pemuda yang memberdayakan generasi muda di kawasan ASEAN.

Hal itu disampaikan delegasi yang mewakili Indonesia Ratih Usmawaty, MM Kepala Sub Bidang Multilateral Kementerian Pemuda dan Olahraga yang juga sebagai Senior Official Meeting of Youth (SOMY Focal Point) dalam kegiatan Meeting of the 2nd Consultative Group Meeting for the 2nd ASEAN Conference on Crime Prevention and Criminal Justice (ACCPCJ) At Holiday Inn Bangkok Sukhumvit, Bangkok Thailand yang diselenggarakan pada 06 - 09 Januari 2020.

"Pemerintah Indonesia sedang giat-giatnya melakukan berbagai kegiatan untuk menangkal hoaks baik dalam negeri maupun dari luar negeri. Serta pemerintah Indonesia melakukan kordinasi lintas sektor antar lembaga untuk memberikan pemahaman terhadap masyarakat termasuk para Pemuda," papar Ratih melalui rilis yang diterima jaknewsonline.com, Rabu (08/01/2020).

Sejumlah perwakilan para pejabat yang mewakili bidang sosial budaya dan politik keamanan serta kepemudaan dari negara kawasan ASEAN juga menghadiri pertemuan The 2nd Consultative Group Meeting for the 2nd (ACCPCJ) yang diselenggarakan oleh Thailand Institute of Justice bekerjasama dengan ASEAN Secretariat.

Pertemuan 2nd ACCPCJ merupakan kegiatan konferensi yang diselenggarakan oleh pilar politik dan keamanan dan bekerjasama dengan pilar sosial budaya dalam tema "Promoting the ASEAN Culture of Prevention for a Collaborative and Innovative Justice for All".

Salah satu topik pembahasan utama dalam 2nd ACCPCJ adalah upaya peningkatan peran Pemuda dalam menghadapi Cyber Crime dan salah satu agenda yang direncanakan adalah penyelenggaraan ACCPCJ Youth Forum pada bulan Februari 2020.

Dalam hal ini juga, perwakilan negara Indonesia menyampaikan dukungan rencana Thailand Institute of Justice untuk mengundang 2 orang pemuda dari masing-masing negara ASEAN yang menjadi perwakilan para pemuda untuk menjadi peserta Youth Forum yang akan dilaksanakan pada akhir bulan Februari di Bangkok, Thailand.

Program Youth Forum ini juga diharapkan dapat meningkatkan kerjasama pemuda dalam menangani bahaya kejahatan dunia maya di kawasan negara ASEAN, meningkatkan peran pemuda di kawasan ASEAN, meningkatkan persahabatan dan memperkuat jaringan pemuda ASEAN.

Uploader : Is.Idris



Penulis:
Editor: Redaksi
  • Perguruan Tinggi menanti kebijakan Kampus Merdeka

    Perguruan Tinggi menanti kebijakan Kampus Merdeka

    Menanti kebijakan Kampus Merdeka ini menjadi langkah awal dari rangkaian kebijakan untuk perguruan tinggi JAKARTA, Setelah meluncurkan konsep Merdeka Belajar. Baru-baru ini, Menteri Pendidikan dan

    Berita Pendidikan - 14 Februari 2020 | | 00:58:54 WIB
  • Komite I DPD RI Siapkan Pansus DOB

    Komite I DPD RI Siapkan Pansus DOB

    JAKARTA, Forkonas CDOB, (Forum Kordinasi Calon Daerah Otonomi Baru) menggelar Audiensi lanjutan bersama Komite I DPD RI yang di pimpin Wakil Ketua Komite I yang juga Senator asal Aceh, H. Fachrul

    Berita Pemerintahan - 12 Februari 2020 | | 22:39:35 WIB
  • Investor swasta dan asing siap untuk investasi di Kota Baru

    Investor swasta dan asing siap untuk investasi di Kota Baru

    Jakarta - Pemerintah telah resmi mengumumkan pemindahan ibu kota di Kalimantan Timur pada 2024 nanti. Ini juga merupakan tahun pertama (tahun 2020) dari Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional

    Berita Nasional dan Daerah - 12 Februari 2020 | | 15:54:23 WIB
  • 384 Usulan di bahas dalam Musrembang Tingkat Kecamatan Cilandak

    384 Usulan di bahas dalam Musrembang Tingkat Kecamatan Cilandak

    JAKARTA, Kecamatan Cilandak, Kota Administrasi Jakarta Selatan gelar Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) dengan membahas 384 usulan yang diajukan warga dari tingkat RW dan

    Berita Megapolitan - 11 Februari 2020 | | 19:34:27 WIB
  • Kades Ketos, Babinsa Cikande dan Bhabinkamtibmas, Kembalikan Keceriaan Warga

    Kades Ketos, Babinsa Cikande dan Bhabinkamtibmas, Kembalikan Keceriaan Warga

    BANTEN, Saat ini banjir yang menggenangi Perumahan Bumi Ketos Regency, bertempat di desa Ketos Kecamatan Kibin Kabupaten Serang Banten sudah surut. Seluruh warga sudah tidak lagi berada ditempat

    Berita Nasional dan Daerah - 11 Februari 2020 | | 18:13:19 WIB