Home / Berita Jawa Barat

Komisi V Kunjungi 2 Proyek Bendungan yang pembangunan mundur lagi

Kamis | 23 Januari 2020 | 19:09:06 WIB
Komisi V Kunjungi 2 Proyek Bendungan yang pembangunan mundur lagi FOTO | ISTIMEWA

jaknewsonline.com — Jakarta, Hingga saat ini proyek pembangunan Bendungan Ciawi (Cipayung) dan Bendungan Sukamahi belum mencapai 50 persen. Padahal sudah diberikan masa perpanjangan kerja hingga akhir Desember 2019.

"Belum tuntasnya pembebasan lahan seperti halnya di Bendungan Ciawi (Cipayung) dan Bendungan Sukamahi, Megamendung, Kabupaten Bogor menjadi kendala progres pekerjaan proyek tersebut. Dan ini menjadi perhatian serius kami selaku anggota Komisi V DPR RI, hingga para wakil rakyat ini dari Gedung DPR RI di Senayan, Jakarta melakukan kunjungan kerja ke perhatian kami," ungkap Herson saat melakukan kunjungan kerja ke Bendungan Ciawi (Cipayung), Kamis (23/01/2020).

Lebih lanjut katanya, bukan hanya di Kabupaten Bogor, di kabupaten atau kota lain 40an proyek pembangunan bendungan juga belum selesai pekerjaannya karena banyak hal.

"Seharusnya upaya pembebasan lahan ini sudah tuntas jauh - jauh hari hingga tidak menghambat proses pembangunan Bendungan Ciawi (Cipayung) dan Bendungan Sukamahi. Saat ini progres pembangunan dua proyek bendungan di Kabupaten Bogor ini baru diangka sekitar 45 persen, hal itu bukan karena ketersiapan dana tetapi karena lambatnya proses pembebasan lahan hingga target proyek bernilai triliunan rupiah ini diundur hingga akhir tahun 2020", ungkap mantan Bupati Bolaang Mongondow Selatan, Provinsi Sulawesi Utara.

Sementara, Kepala Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Ciliwung - Cisadane Bambang Hidayah mengungkapkan lahan yang belum dibebaskan atau tersisa kebanyakan sedang berproses di Pengadilan Negeri (PN) Cibinong.

"Pembebasan lahan tersisa itu karena masih dalam proses konsinyasi di PN Cibinong, lalu ada lahan masjid yang sedang kami siapkan bangunan masjid pengganti dan ada juga yang belum dibayar tetapi itu di wilayah genangan hingga tidak mempengaruhi proyek pembangunan fisik bendungan", ngkap Bambang.

Ditempat yang sama, pimpinan proyek Bendungan Ciawi (Cipayung) dari PT. Abipraya - Sacna KSO
Wima Regianto menjelaskan bahwa molornya pembangunan Bendungam Ciawi (Cipayung) ke akhir tahun 2020 ini larena lambatnya proses pembebasan lahan.

"Sejak ditetapkan pada tahun 2017, kami baru bisa mengerjakan pembangunan Bendungan Ciawi (Cipayung) pada awal tahun 2018, itu pun tetap terhambat karena permasalahan lambatnya pembebasan lahan. Setelah pembebasan lahan mulai meningkat hingga diangka 90 persen kami pun sudah bisa membangun banguan pengelak, tugu bendungan dan sheet pile hingga saat ini sudah mencapai sekitar 45 persen," jelas Wima.

Untuk mempercepat proses pembangunan Bendungan Ciawi (Cipayung) dan agar proyek multi years ini tepat waktu, pria asli Kota Surabaya, Jawa Timur ini menyatakan akan melakukan berbagai upaya.

"Asalkan cuaca mendukung, kami siap menambah alat berat dan menambah pekerja hingga pekerjaan pembangunan Bendungan Ciawi (Cipayung) bisa diselesaikan tepat waktu," katanya.



Penulis:
Editor: Redaksi
  • Perguruan Tinggi menanti kebijakan Kampus Merdeka

    Perguruan Tinggi menanti kebijakan Kampus Merdeka

    Menanti kebijakan Kampus Merdeka ini menjadi langkah awal dari rangkaian kebijakan untuk perguruan tinggi JAKARTA, Setelah meluncurkan konsep Merdeka Belajar. Baru-baru ini, Menteri Pendidikan dan

    Berita Pendidikan - 14 Februari 2020 | | 00:58:54 WIB
  • Komite I DPD RI Siapkan Pansus DOB

    Komite I DPD RI Siapkan Pansus DOB

    JAKARTA, Forkonas CDOB, (Forum Kordinasi Calon Daerah Otonomi Baru) menggelar Audiensi lanjutan bersama Komite I DPD RI yang di pimpin Wakil Ketua Komite I yang juga Senator asal Aceh, H. Fachrul

    Berita Pemerintahan - 12 Februari 2020 | | 22:39:35 WIB
  • Investor swasta dan asing siap untuk investasi di Kota Baru

    Investor swasta dan asing siap untuk investasi di Kota Baru

    Jakarta - Pemerintah telah resmi mengumumkan pemindahan ibu kota di Kalimantan Timur pada 2024 nanti. Ini juga merupakan tahun pertama (tahun 2020) dari Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional

    Berita Nasional dan Daerah - 12 Februari 2020 | | 15:54:23 WIB
  • 384 Usulan di bahas dalam Musrembang Tingkat Kecamatan Cilandak

    384 Usulan di bahas dalam Musrembang Tingkat Kecamatan Cilandak

    JAKARTA, Kecamatan Cilandak, Kota Administrasi Jakarta Selatan gelar Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) dengan membahas 384 usulan yang diajukan warga dari tingkat RW dan

    Berita Megapolitan - 11 Februari 2020 | | 19:34:27 WIB
  • Kades Ketos, Babinsa Cikande dan Bhabinkamtibmas, Kembalikan Keceriaan Warga

    Kades Ketos, Babinsa Cikande dan Bhabinkamtibmas, Kembalikan Keceriaan Warga

    BANTEN, Saat ini banjir yang menggenangi Perumahan Bumi Ketos Regency, bertempat di desa Ketos Kecamatan Kibin Kabupaten Serang Banten sudah surut. Seluruh warga sudah tidak lagi berada ditempat

    Berita Nasional dan Daerah - 11 Februari 2020 | | 18:13:19 WIB