Home / Berita Jawa Barat

Tol BORR Seksi IIB, Siap Diresmikan Oleh Presiden Joko Widodo

Minggu | 01 April 2018 | 22:13:41 WIB
Tol BORR Seksi IIB, Siap Diresmikan Oleh Presiden Joko Widodo FOTO | ISTIMEWA

jaknewsonline.com — BOGOR, Hingga saat ini, proyek pembangunan ruas Tol Bogor Outer Ring Road (BORR) Seksi IIB dengan panjang 2,65 kilometer sudah siap untuk digunakan.

Info yang dihimpun, rencananya nanti Presiden Joko Widodo (Jokowi) dijadwalkan akan meresmikan Tol BORR dengan ruas Simpang Yasmin hingga Kedung Badak pada pertengahan April 2018.

“Kira-kira tanggal 15 April 2018, Insya Alloh BORR tahap IIB akan diresmikan Bapak Presiden Joko Widodo dan selanjutnya akan disambung dengan BORR tahap IIIA menuju Salabenda dan lainnya,” jelas Pelaksana Tugas Wali Kota Bogor Usmar Hariman ditemui disela kegiatan Bogor Running Race (BORR) 10K, Minggu (1/4/18) dilokasi kegiatan.

Sementara, Direktur Utama PT Marga Sarana Jabar (MSJ) Hendro Atmodjo membenarkan agenda tersebut. Saat ini, MSJ selaku anak usaha PT Jasa Marga (Persero) Tbk, pemegang konsesi Tol BORR, telah mengajukan permohonan uji layak operasi sebagai syarat yang harus dipenuhi sebelum peresmian.

"Rencananya, pihak Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Kementerian Perhubungan dan Polri akan melaksanakan uji tersebut pada 6-7 April 2018. Paling cepat tanggal 15 April nanti akan diresmikan. Karenanya, karena kami masih mempersiapkan lagi, sebab masih ada satu tahap lagi yaitu sertifikasi layak operasi,” jelas Hendro.

Seperti diketahui sebelumnya,Tol BORR Seksi IIB ini telah menjalani uji kekesatan dan kelendutan. Demikian halnya uji beban lantaran tol ini termasuk dalam tol layang atau elevated.

"Hasil dari serangkaian tes tersebut menyatakan bila Seksi IIB ini telah lulus uji kelayakan," ungkapnya.

Beberapa waktu lalu juga diketahui, proyek jalan Tol BORR Seksi II-B adalah proyek pertama yang berhasil lolos audit Keselamatan Konstruksi oleh KKJTJ dan K3N setelah moratorium, PT Wijaya Karya langsung melanjutkan pembangunan yang tersisa.

"Alhamdulillah, kami sudah diaudit. Dan dinyatakan lolos, untuk selanjutnya pekerjaan dilanjutkan untuk "erection" sisi utara P61 dan P62," Manajer Proyek jalan Tol BORR Ali Afandi saat itu. (IDR)



Penulis:
Editor: Redaksi