Home / Berita Nasional dan Daerah

Milad ke 18, ESQ Gelar Charity Fun Fair & ESQ Award

Minggu | 13 Mei 2018 | 18:17:41 WIB
Milad ke 18, ESQ Gelar Charity Fun Fair & ESQ Award FOTO | ISTIMEWA

jaknewsonline.com — JAKARTA, Mensyukuri perjalanan perjuangan menyebarkan nilai-nilai 165 ke berbagai wilayah dan mancanegara, ESQ mengadakan serangkaian acara untuk para alumni dan juga masyarakat luas, yakni Charity Fun Run dan ESQ Award.

Ketua Panitia Milad ke 18 ESQ, Prof Evvy Kartini menjelaskan, ada dua kegiatan utama pada Milad kali ini, yakni Charity Fun Run dan ESQ Award.

"Ada yang berbeda dan istimewa pada peringatan milad kali ini,” kata Prof. Evvy Kartini, saat konferensi pers, di Menara 165, Minggu (13/5/18).

Evvy menambahkan, bahwa baru pertama kali ini setelah 18 tahun berjalan, ESQ secara formal dan resmi memberikan Award kepada beberapa tokoh yang berdedikasi pada pembangunan karakter bangsa dan memberikan kontribusi terhadap perjalanan ESQ.

Menurut Srikandi Nuklir Indonesia ini, tidak mudah tentunya bagi komite ESQ 165 Award 2018 dalam memilih tokoh maupun individu yang selama ini bersama ESQ dengan tulus ikhlas dan bersungguh-sungguh melakukan sesuatu untuk kepentingan umat.

"Melalui penilaian dan diskusi yang intens dan cukup panjang maka dipilih sedikitnya 8 Lifetime achievement appreciation, 8 Alumnee appreciation, 1 outstanding achievement appreciation dan 2 ESQ Award dengan beberapa kategori akan diberikan pada malam ESQ Award 2018,” kata Prof. Evvy.

Mengenai kegiatan Charity Fun Fair yang berlangsung Minggu pagi mulai jam 9.00 di Menara 165, ll. TB Simatupang kegiatannya adalah khitanan 99 anak-anak dhuafa, Santunan 1000 sembako bagi masyarakat kurang mampu.

Sebelum milad, panitia juga telah melaksanakan program bersih-bersih mesjid di tiga tempat yaitu di kawasan Jakarta, Tangerang, dan Depok yang dimotori FOSMA, kalangan muda alumni ESQ, kemudian masih beberapa masjid lagi yang menyusul untuk disambangi.

Sementara, Founder ESQ Leadership Center, Dr HC. Ary Ginanjar Agustian mengatakan bahwa tujuan peringatan milad ESQ bukan sekedar peringatan biasa akan tetapi memperingati, menjaga dan menghidupkan terus nilai-nilai 165 yang diajarkan oleh Nabi Muhammad SAW yaitu 1 Ihsan, 6 Rukun lman dan 5 Rukun Islam.

”ESQ hanya lembaga kecil dan mencoba menghidupkan kembali sendi-sendi lslam yaitu Rukun lman, Rukun Islam dan lhsan yang biasa kita singkat menjadi 165 dimana selama ini seakan terpendam dan dilupakan," ungkap Ary Ginanjar yang juga Ketua Forum Komunikasi Alumni (FKA) ESQ.

Ditempat yang sama, Aries Mufti selaku Ketua Komite ESQ Award menambahkan, ini menjadi juri tersulit dari beberapa kali dirinya menjadi juri, sebab dirinya menilai penerima award bagi orang-orang terbaik dari yang terbaik.

"Sebab penilaiannya melalui rekam jejak dari anggota, bila nanti sudah terpilih, maka diharapkan dapat menjadi ESQ banget," ungkap Aries.

Aries menambahkan, dari dua orang yang terpilih nantinya di ungkap Indonesia lebih baik lagi.

"Yang pastinya, ESQ ini mempunyai nilai-nilai yang lain, harus membawa nilai-nilai 165, 7 Budi Pekerti dan juga berkiprah di dunia Nasional maupun Internasional dan yang terpenting total actionnya. Ini yang membuat komite kesulitan untuk menentukan siapa yang berhak mendapatkan Award ini," ujarnya.

Seperti diketahui, ESQ adalah Lembaga Pembangunan Sumber Daya Manusia berdasarkan 165 (1 lhsan, 6 rukun lman, 5 rukun Islam) dengan menggabungkan tiga potensl manusia lQ (Intelligence Quotient), EQ (Emotional Quotient) dan SQ (Spiritual Quotient).

ESQ berawal dari tulisan tangan Ary Ginanjar Agustian yang kemudian dibukukan dengan judul "Rahasia Membangun Kecerdasan Emosional dan Spiritual Quotient” dan terbit pada tahun 2000. Buku ESQ menjadi best seller dan telah terjual lebih dari dua juta copy.

ESQ bukan lembaga agama atau politik, akan tetapi bagaikan oksigen yang netral dan tidak berwarna. ESQ merupakan lembaga training independen untuk membangun karakter dan budaya bangsa.

Kini jumlah alumni ESQ berjumlah 1,6 juta yang tersebar di berbagai provinsi mulai dari Aceh hingga Papua, dan tersebar di mancanegara seperti Malaysia, Singapura, Brunei Darussalam, Amerika Serikat, Maroko, Turki, lnggris, Jerman, Belanda, Swedia, Australia, Belgia, Finlandia, Spanyol. (is)



Penulis:
Editor: Redaksi