Home / Berita Megapolitan

Hikmah Peringatan Nuzul Quran Momentum Menjaga Keutuhan Bangsa

Jumat | 01 Juni 2018 | 16:31:11 WIB
Hikmah Peringatan Nuzul Quran Momentum Menjaga Keutuhan Bangsa FOTO | ISTIMEWA

jaknewsonline.com — JAKARTA, Alquran adalah mukjizat Nabi Muhammad SAW yang paling agung bila dibandingkan mukjizat lain yang diterima para nabi sebelumnya. Dalam sejarah Islam, abad ke 14 silam, tepatnya di malam Lailatul Qadar tanggal 17 Ramadhan, Alquran diturunkan Allah SWT kepada Rasulullah yang saat itu berusia 40 tahun di suatu tempat bernama Gua Hira.

Peristiwa tersebut sering diperingati umat Islam sebagai malam Nuzulul Quran. Sehingga, menurut KH. DR Muis Abdul Karim Alquran lebih penting dari malam Nuzulul Quran itu sendiri. Itu karena Alquranlah yang bisa membawa kesuksesan di dunia mau pun di akhirat. Sebab, petunjuk Allah hanya KBterdapat dalam Alquran dan Assunnah.

“Dengan adanya peringatan malam Nuzulul Quran, ya intinya bukan peringatannya yang lebih penting. Tetapi, bagaimana isi dari Alquran itu kita pahami kemudian kita impelentasikan dalam kehidupan sehari-hari dengan sebaik-baiknya,” kata KH. Muis pada malam peringatan Nuzul Quran di Masjid Baiturrahim Buncit Jakarta Selatan Kamis malam (31/5/18)

KH. Muis mengatakan, pertama kali Alquran diturunkan kepada Rasulullah merupakan momentum perubahan besar yang terjadi bagi kehidupan manusia. Sebab, peristiwa tersebut merupakan awal mula dikeluarkannya manusia dari zaman kegelapan menuju zaman petunjuk.

Alquran juga merupakan aturan yang membawa manusia ke dalam kehidupan dengan peradaban yang tinggi. Sebagai contoh, bagaimana Alquran mengajarkan konsep ketuhanan dengan sangat jelas. Begitupun aturan kehidupan yang detail membuat kehidupan manusia lebih tertata untuk saling menghormati satu sama lain.

“Bayangkan saja aturan pernikahan, kalau gak ada pernikahan bagaimana tuh nasib manusia? Belum lagi larangan-larangan perbuatan jahat seperti larangan mencuri, larangan berzina, yang membawa manusia pada peradaban yang tinggi," kata dia.

KH. Muis melanjutkan, malam Nuzulul Quran tahun ini mestinya bisa menjadi momentum untuk lebih meningkatkan Ukhuwah Islamiyah meningkatkan persaudaraan dalam mempersatukan umat dalam menciptakan kesejahteraan bangsa, itu sudah termasuk mengamalkan Alquran dalam kehidupan sehari-hari,”urai KH.Muis.

Cara yang tepat untuk lebih meningkatkan kecintaan kita terhadap Alquran menurut KH. Muis adalah dengan terlebih dahulu mengenalinya secara baik. Cara berikutnya adalah dengan mempelajari makna dan isinya untuk kemudian dipraktekan dalam kehidupan sehari-hari, baik dalam beribadah, menjaga ketentraman umat, menghargai antar umat beragama, dan menjaga keutuhan bangsa, dengan menjauhkan kepentingan pribadi atau golongan.

“Jadi aplikasikan pula isi Alquran itu dalam kehidupan sehari-hari dan dimulai dari diri sendiri dulu sebelum orang lain, jadikan peringatan malam Nuzul Quran untuk menjaga keutuhan bangsa jauhkan aktivitas tempat-tempat ibadah hanya untuk memuaskan sahwat duniawi," pungkasnya.



Penulis:
Editor: Redaksi