Home / Profil dan Artikel

Maksimalkan Zakat, LAZ Al Azhar Kembali Gelar Zakat Day 2018

Rabu | 06 Juni 2018 | 18:25:03 WIB
Maksimalkan Zakat, LAZ Al Azhar Kembali Gelar Zakat Day 2018 FOTO | ISTIMEWA

jaknewsonline.com — Foto : Para muzzaki sedang menunaikan zakat di Konter Zakat, masjid Agung Al Azhar (Is.Idris/jaknewsonline.com)


Jakarta - Hari Raya Idul Fitri tinggal menghitung hari. Dalam rangka memaksimalkan penghimpunan dana zakat, baik zakat fitrah maupun zakat maal dari komunitas insan Al Azhar, LAZ Al Azhar menggelar acara Al Azhar Zakat Day. Acara yang diperuntukkan bagi seluruh keluarga besar YPI Al Azhar seperti karyawan, guru, dosen, jamiyyah dan jamaah masjid serta masyarakat umum di gelar di Konter Zakat, Masjid Agung Al Azhar, Kebayoran Baru.

Ketua Umum YPI Al Azhar M Shobirin HS yang hadir membuka Al Azhar Zakat Day menggambarkan besarnya potensi zakat dari keluarga besar Al Azhar. Jika penghimpunan zakatnya bisa dimaksimalkan tentu hasilnya akan banyak membawa manfaat bagi umat.

"Kita punya ribuan alumni, guru dan karyawan di seluruh Al Azhar se-Indonesia. Semoga momen Al Azhar Zakat Day ini menjadi momentum semakin terbukanya potensi zakat dari komunitas Al Azhar,” ujar Shobirin, Rabu (6/6/18).

Manajer Fundraising Laznas Al Azhar Dikalustian menambahkan, sebagai dukungan terhadap cara Al Azhar Zakat Day ini layanan donasi, konsultasi dan hitung zakat akan dibuka selama 24 jam mulai dari tanggal 5 Juni 2018 hingga H-1 Idul Fitri atau pada hari Sabtu 14 Juni 2018 di Gerai Zakat Masjid Agung Al Azhar Kebayoran Baru, Jakarta.

Laznas Al Azhar juga memberikan kemudahan lain untuk berzakat menyediakan gerai zakat di lebih dari 20 mal, seperti Plaza Semanggi, Gandaria City, Mall Pondok Indah, One Belpark, FX Sudirman, Bintaro Jaya Xchange Mall, Supermal Karawaci, Tangcity Mall, Cinere Bellevue, Lippo Plaza Ekalokasari, Grand Indonesia, The Plaza Semanggi, dan lain-lain.

"Gerai zakat tersebut juga dibuka di pusat perbelanjaan dan gedung perkantoran di wilayah Jabodetabek. Selain itu bagi para muzzaki atau donatur yang ingin berzakat namun tapi berhalangan hadir bisa menggunakan layanan jemput zakat "Zakat Home Service" dengan menghubungi nomor telepon 021-7221504," ujarnya.

Sementara Direktur Eksekutif LAZ Al Azhar, Sigit Iko Soegondo, dana zakat yang terkumpul melalui berbagai gerai layanan Laznas Al Azhar ini akan bertransformasi menjadi dana sosial umat bagi percepatan pengentasan kemiskinan yang berkelanjutan yang mencakup puluhan ribu mustahik binaan Laznas Al Azhar yang tersebar di 11 provinsi di Indonesia melalui 5 klaster program pengentasan kemiskinan terintegrasi.

"Lima klaster tersebut yakni pengentasan kemiskinan dan pemberdayaan masyarakat desa; pengentasan pengangguran dan pemberdayaan pemuda produktif; memperbaiki kondisi kehidupan anak yatim dan dhuafa, pemberdayaan ekonomi, infrastruktur dan konservasi lingkungan, serta penanggulangan bencana dan jaringan relawan," jelasnya.

Kembali dijelaskan, saat ini LAZ Al Azhar sudah menyantuni 130 ribu orang miskin, 3.000 anak yatim, 11.000 petani dan 516 keluarga miskin pada tahun 2017.

Ditempat yang sama, Ketua Bidang Dakwah dan Sosial Al Alzhar, Sobahussurur menyampaikan, semua kita yang ada disini mempunyai misi menggerakkan yang bawah jadi diatas begitupun seterusnya.

"Ini jangan hanya simbolik saja, terus dilakukan walaupun bukan di bulan Ramadhan," ujarnya.

Penulis : Is.Idris




Penulis:
Editor: Redaksi